PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA

Ari Irawan, Chatarina Febriyanti

Abstract


Abstrak: Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Ber­pikir Kritis Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang menperoleh pembelajaran kontekstual tidak terstruktur, kontekstual terstruktur dan konvensional dimana dengan mengontrol level sekolah (tinggi dan sedang) dan pengetahuan awal mate­matika (atas, tengah dan bawah). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 251 responden. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji anova satu arah dan anova dua arah serta uji lanjut scheffe. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan ke­mampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual tidak terstruktur, kontekstual terstruktur dan konvensional. Terdapat interaksi antara pembelajaran kontekstual tidak ter­struktur, kontekstual terstruktur dan konvensional dengan level sekolah (tinggi dan sedang) dalam ke­mampuan berpikir kritis matematika. setelah dikendalikan oleh kovariabel pengetahuan awal matematika makadapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang diberikan pembelajaran kontekstual tidak terstruktur, kontekstual terstruktur dan konvensional.


Keywords


kontekstual, terstruktur, berpikir kritis, matematika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8639

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats