Ethnobotany Cendanan (Santalum album L.) As Reference Book on Plant Botanical Course

Maria Paulin Sari Dewi

Abstract


Etnobotani Cendana (Santalum album L.) Sebagai Buku Referensi pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi

 

Abstract: This study was aimed to build the conscience of the student on sandalwood conservation in support on Local Community of South Central Timor regency of East Nusa Tenggara Province and to produce a textbook for Sandalwood (Santalum album L.) ethno botany of Higher Plant Botany course. The study was designed with a “research development”. Development model used in this study was adapted from the Borg and Gall model. The assessment of the produced textbook resulted that this textbook is appropriate to be used. The result of the field trials showed that 4th year students’ knowledge was increased upon usage of this text book, 100% of students successfully reaching over the Minimum Standard of Mastery.

Key Words: sandalwood, sandalwood ethno botany, textbooks

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk buku referensi sebagai penunjang dalam matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi dengan bahasan tentang Etnobotani Cendana (Santalum album L.) pada Masyarakat Lokal Kabupaten Timor Tengah Selatan Propinsi Nusa Tenggara Timur untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa sebagai masyarakat akademis dalam melestarikan cendana. Penelitian didesain dengan pendekatan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg and Gall. Berdasarkan validasi para ahli, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku referensi etnobotani cendana masyarakat lokal kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) ini layak untuk digunakan. Hasil dari uji coba lapangan ini, memperlihatkan bahwa pengetahuan mahasiswa semester IV meningkat, 100% mahasiswa berhasil memperoleh nilai di atas Standar Ketuntasan Minimal setelah belajar dengan menggunakan buku referensi etnobotani cendana yang dihasilkan.

Kata kunci: cendana, etnobotani cendana, buku referensi


Full Text:

Full Text


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i3.4510


Jurnal Pendidikan Sains

Journal of Science, Mathematics, and Vocational Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPS is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License