Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Konsep 6M dan Etika Lingkungan Berbasis Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Siswa SMA

Prayoga Rendra Vendiktama, Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Endang Suarsini

Abstract


The purpose of this research is to know the validity and practicability of biology module that contained 6M concept and environmental ethics based on PjBL model. This research adapts ADDIE model. The validity of module is known from the experts’ validation score, and the practicability is known from the students’ response. The results show that the average validation score that is given by module expert is 3,832 (very valid), matter expert is 3,72 (very valid), and field practitioner is 3,24 (valid). Most of the students give positive response (≥ 70%). Based on that results, it can be concluded that the biology module which is developed is valid and practical, so it can be implemented to the 10th grade student of SMA.

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kevalidan & kepraktisan modul biologi bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model PjBL. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian & pengembangan ADDIE. Kevalidan modul diketahui dari skor validasi para ahli, sedangkan kepraktisan diketahui dari respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor validasi ahli modul sebesar 3,832 (sangat valid), ahli materi sebesar 3,72 (sangat valid), dan praktisi lapangan sebesar 3,24 (valid). Sebagian besar siswa memberikan respons positif (≥ 70%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul biologi yang dikembangkan tergolong valid dan praktis sehingga dapat diimplementasikan lebih lanjut kepada siswa kelas X SMA.


Keywords


modul; 6M concept; environmental ethics; Pjbl model; modul; konsep 6M; etika lingkungan; model Pjbl

Full Text:

PDF

References


Al Muhdhar, M. H. I. (1998). Keterkaitan antara Faktor Sosial, Faktor Ekonomi, Faktor Budaya, Pengetahuan, dan Sikap dengan Manifestasi Perilaku Ibu-ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kotamadia Surabaya. (Disertasi tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Al Muhdhar, M. H. I. (2011). Pengelolaan Sampah Terpadu melalui Pendidikan Masyarakat Berbasis Pembudayaan 6M. Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Lingkungan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Malang. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang Tanggal 14 Desember 2011.

Anafiyah, K., Sulistiyowati, E., & Susilawati, L. (2015). Pengembangan Modul Ekosistem Berorientasi Kewirausahaan untuk SMA/MA. Kaunia, 11(1), 72—77.

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008a?). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008b). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Kubiatko, M., & Vaculova, I. (2011). Project-Based Learning: Characteristic and the Experiences with Application in the Science Subjects. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, 3(1), 65—74.

Mioduser, D. & Betzer, N. (2007). The Contribution of Project-Based Learning to High-Achievers’ Acquisition of Technological Knowledge and Skills. International Journal Technology, Design, and Education, 18(1), 59—77. DOI https://doi.org/10.1007/s10798-006-9010-4.

Roessingh, H., & Chambers, W. (2011). Project-Based Learning and Pedagogy in Teacher Preparation: Staking Out the Theoretical Mid-Ground. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23(1), 60—71. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/IJTLHE996.pdf.

Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan pada pelatihan bagi guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Sawitri, D.W., Wisanti, & Ambarwati, R. (2014). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas X SMA. Bioedu, 3(3), 410—415. Retrieved from file:///C:/Users/PASCAS~1/AppData/Local/Temp/9551-12623-1-PB-1.pdf.

Setyowati, E. (2011). Pengembangan Modul Multimedia Pengelolaan Sampah Berwawasan Sains, Teknologi, dan Masyarakat Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Peserta Didik. (Disertasi tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Sumarni, W. (2015). The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research, 4(3), 478—484.

Susanti, R. S. (2015). Pengembangan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Pendekatan Sains Lingkungan Teknologi dan Masyarakat sebagai Upaya dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. (2008). Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Uziak, J. (2016). A Project-Based Learning Approach in an Engineering Curriculum. Global Journal of Engineering Education, 18(2), 119—123. Retrieved from http://wiete.com.au/journals/GJEE/Publish/vol18no2/12-Uziak-J.pdf.

Widyaningrum, R., Sarwanto., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi, 6(1), 100—117. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/3920/3394.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pascasarjana X, ITS, Surabaya, 4 Agustus.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prayoga Rendra Vendiktama, Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Endang Suarsini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License