Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains melalui Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Ekosistem

Rezki Fitria Hartini, Ibrohim Ibrohim, Abd. Qohar

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to find out the difference of understanding concepts and science prosess skill between students who were thaught by environment-based guided inquiry learning model with students who were thaught by guided inquiry. This research used a quasi-experimental research with posttest only control group design. The sample of this research were student of Class VA as the experiment class and class VB as the control class. The instrument used to measure the success of this research were multiple choice questions to measure the understanding concepts while for the science process skill used multiple choice questions and observation. The result showed that there was difference in environment-based guided inquiry toward understanding concepts and there were no difference in environment-based guided inquiry toward science process skills on ecosystem teaching-material.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain posttest only. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen pengukuran yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep dan keterampilan proses sains serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan inkuiri terbimbing berbasis ingkungan terhadap pemahaman konsep dan tidak terdapat perbedaan inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan proses sains pada materi ekosistem.


Keywords


understanding of concepts; science process skills; guided inquiry; pemahaman konsep; keterampilan proses sains; inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Abdi, A. (2014). The Effect of Inqury Based Learning Method on Students Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research, 2(1), 37—41.

Ali, M. A. (2104). Ecosystem Student Worksheet Development Based On Inqiury to Support Curriculum 2013. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 485—489.

Barlia, L. (2010). Elementary School Teachers’ Personality in Students’ Learning Motivation to Understand Concept of Science. Cakrawala Pendidikan, 29(1), 14—26.

Bati, K., Erturk, G., & Kaptan, F. (2010). The Awareness Levels of Pre-School Education Teachers Regarding Science Process Skills. Procedia Social and Behavioral Science, 2(2010), 1993—1999. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.270.

Dewi, N., L., & Sudana, D., N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep IPA Dengan Mengontrol Minat Belajar pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(1), 40—47.

Dimyati & Mudjino. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayogi, I., W., & Rati, N., W. (2016). Pengaruh Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(1), 30—39.

Gurses, A., Centikaya, S., Dogar, C., & Sahin, E. (2014). Determination of Levels of Use of Basic Process Skills of High School Students. Procedia Social and Behavioral Science, 191(2015), 644—650. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.243.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79—89.

Hariyadi, D., Ibrohim, & Rahayu, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1567—1574.

Haryono. (2006). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1—13.

Hermayani, A., Z., Dwiastuti, S., & Marjono. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. Bioedukasi Jurnal Pendidikan, 6(2), 79—85.

Hidayah, R. & Pujiastujti, P. 2016. Pengaruh PBL terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186—197.

Marlina, Utaya, S., & Yuliati, L. (2017). Pengaruh Authentic Problem Based Learning (aPBL) terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1509—1514.

Nworgu, L.N., & Otum, V.V. (2013). Effect of Guided Inquiry with Analogy Instruction Strategy on Student Acquisition of Science Process Skills. Journal of Education and Practice, 4 (27), 35—40.

OECD. 2015. Program for International Student Assesment (PISA 2015 Result). Paris.

Paramitha, I., D., & Margunayasa. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2), 80—88.

Pertiwi, M., Yuliati, L., & Qohar, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-Sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 21—28.

Rahmawati, Handayanto, S., K., & Dasna, I., W. (2018). Pengaruh Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 286—290.

Semiawan, C., Tangyong A. F., S. Belen., & Wahjudi, S. (1987). Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Penerbit Gramedia. Jakarta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winnie, W., M. (2014). Representational Practices inExtra-Curricular Science Inquiry Projects: A Study with Asian Primary Pupils. International Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 1—25.

Yulianti, N. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 1—10.

Yuniastuti, E. (2016). Peningkatan keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 80—88.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rezki Fitria Hartini, Ibrohim Ibrohim, Abd. Qohar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License