Kesalahan Klausa Dalam Karangan Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula

Rifa Hanifah, Anang Santoso, Gatut Susanto

Abstract


Abstract: This study aims to find out the errors of clauses contained in essays by BIPA beginner level students at State University of Malang. This study uses a qualitative approach to the type of text analysis research. This research data in the form of error clauses with data sources in the form of essays from beginner level BIPA students. This research instrument is based on the error analysis guide, clauses. Data analysis was carried out qualitatively by reading the full essay of BIPA students, marking errors contained in BIPA student essays, grouping error data based on patterns of error clauses into prepared tables, reducing error data by sorting out error data made more than three data sources only, and a summary of results. The results showed that there were errors in clauses. Error clauses in beginner level BIPA student essays include (a) Pø clause errors (empty predicate), (b) Sø clause errors (empty subject), (c) Bitransitive verbal clause errors with meN-i, ber, and me error clauses -i, and meN-, and (d) Mistakes in monotransitive clauses with patterns of ber-, meN-, me-, per-, -i, –an, and –nya.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesalahan klausa yang terdapat dalam karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks. Data penelitian ini berupa kesalahan klausa dengan sumber data berupa karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula. Instrumen penelitian ini didasarkan pada panduan analisis kesalahan klausa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan membaca karangan mahasiswa BIPA secara utuh, menandai kesalahan yang terdapat dalam karangan mahasiswa BIPA, mengelompokkan data kesalahan berdasarkan pola kesalahan klausa kedalam tabel yang telah disiapkan, mereduksi data kesalahan dengan cara memilah data kesalahan yang dilakukan lebih dari tiga sumber data saja, dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesalahan pada klausa. Kesalahan klausa pada karangan mahasiswa BIPA tingkat pemula mencakup (a) Kesalahan klausa Pø (predikat kosong), (b) Kesalahan klausa Sø (subjek kosong), (c) Kesalahan klausa verbal bitransitif dengan pola kesalahan meN-i, ber-an, me-i, dan meN-kan, dan (d) Kesalahan klausa monotransitif dengan pola ber-, mem-, meN-, per-, -i, –an, dan –nya.

Keywords


clause error; BIPA students; beginner level; kesalahan klausa; mahasiswa BIPA; tingkat pemula

Full Text:

PDF

References


Budiawan. (2018). Kesalahan Bahasa Dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. Jurnal Kredo, 2(1), 88–97.

Darsita. (2014). Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Penutur Bahasa Asing. Al-Turas, 20(2), 245–258.

Herniti. (2017). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis Pada Mahasiswa Thailand (Studi Atas Pembelajar BIPA di PBB UIN Sunan Kalijaga). THAQÃFIYYÃT, 18(1), 1–18.

Hyun. (2015). Potensi dan Tantangan Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional. Jurnal Sosioteknologi, 14(1), 12–20.

Indrariani. (2016). Pola Penggunaan Bahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asing BIPA. Lingua Scientia, 8(2), 161–178.

Keraf. (1984). Tatabahasa Indonesia untuk Sekolah Lanjutan Atas. Flores: Nusa Indah.

Moleong. (2014). Metode Kualitatif Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. Center for International Language Development of Unissula, 726–732.

Nurlina. (2015). Kesalahan Menulis Kalimat Berbahasa Indonesia pada Mahasiswa Asal Thailand Selatan.

Nursafitri, D. A. (2011). Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Narasi Mahasiswa BIPA Kelas Karya Siswa di Universitas Jember. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Ratnawati. (2015). Penggunaan Konjungsi pada Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (The Conjunction Usage of Written Language for Foreign Learners). Sawerigading, 21 nomor 3, 367–379.

Saddhono. (2012). Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik dan Sastra, 24 nomor 2, 176–186.

Sari. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Sekolah Cinta Bahasa, Ubud, Bali. e-Journal Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha, 5 nomor 3.

Siagian. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale USA. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global. Universitas Jember.

Suyitno. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, 9(1), 62–78.

Yahya. (2018). Tendensi Kesalahan Sintaksis Bahasa Tulis Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(1), 137–166.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rifa Hanifah, Anang Santoso, Gatut Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License