Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional

Sardiah Srikandi, I Made Suardana, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Abstract: Forming characters in early childhood is very important to do through various ways, one of which is to carry out traditional games.  The focus of this research is how to shape the character of early childhood through the traditional play of Engklek and Umpet Plots in PAUD Omah Bocah An-Na'afi Malang, East Java.  This study uses qualitative methods, this type of research is descriptive research that describes the actual events that are supported by data in the form of observations, and interviews.  The results of this study indicate that the traditional play activities of the Engklek and Umpet Plots are carried out for 30 minutes from 10.30 to 11.05, and the activities are carried out routinely from Monday to Thursday. The traditional play activities of Engklek and Umpet Plots can form early childhood characters starting from honesty, responsibility, discipline, mutual cooperation, self-reliance, and religious character.

Abstrak: Membentuk karakter pada anak usia dini sangat penting untuk dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan melaksanakan permainan tradisional. Fokus penelitian ini adalah bagaimana membentuk karakter anak usia dini melalui permainan tradisional Engklek dan Petak Umpet di PAUD Omah Bocah An-Na’afi Malang Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang menggambarkan kejadian yang sebernarnya yang didukung oleh data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan permainan tradisional Engklek dan Petak Umpet yang dilaksanakan selama 30 menit dari jam 10.30 sampai dengan 11.05, dan kegiatannya dilakukan secara rutin pada hari Senin—Kamis. Kegiatan permainan tradisional Engklek dan Petak Umpet ini dapat membentuk karakter anak usia dini mulai dari karakter kejujuran, karakter tanggungjawab, karakter disiplin, karakter gotong-royong, karakter mandiri, dan karakter religius.

Keywords


traditional games; early childhood; characters; permainan tradisional; anak usia dini; karakter

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2015). Pendidikan Karakter Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang.

Aghlara, L., & Tamjid, N. H. (2011). The Effect of Digital Games on Iranian Children’s Vocabulary Retention in Foreign Language Acquisition. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 552–560. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.275

Ambaryani, N., Yustinus, N., & Sujana, Y. (2014). Efektivitas Permainan Tradisional terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B TK se-gugus IV Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Eichberg, H. (2005). Traditional Games : A Joker in Modern Development . Some Experiences from Nordic Countries and Nordic-African Exchange. International Journal of Eastern Sports & Physical Education, 4(1), 1-14.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.Lusiana, E. (2012). Membangun Pemahaman Karakter Kejujuran melalui Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini di Kota Pati. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Merpina., Marmawi., & Yuline. (2014). Menanamkan Kejujuran melalui Permainan Congklak pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(3), 1–10.

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Y. A., Handoyo, E., & Sulistyorini, S. (2018). Traditional Game on The Social Skill of Students in The Social Science Learning of Elementary School. Journal of Primary Education, 7(2), 220–227.

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 87–94.

Rahmawati, R. P., & Harsono, A. D. (2018). Strengthening Character Education through Traditional Cultural Heritage. Proceeding International Seminar on Education Innovation Issues and Challenges in Education for Education Sustainability Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (August), 28–35.

Rochmani, I. (2016). Permainan Tradisional Engklek Berpengaruh terhadap Perkembangan Motorik Anak. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak Tradisional Games in Improving Children's Basic Abilities. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional vs Permainan Modern dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1), 1–7.

Sibarani, D. F. (2018). Permainan Tradisional terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi Etnografi di Desa Sikeben , Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sumatera Utara.

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhono, S., & Sari, Y. A. (2017). Retrofitting Javanese Traditional Games as Indonesia Culture Identity: Providing English Vocabulary. Jurnal Iqra’, 2(1), 213. https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.123

Suruh, D. I. K. (2013). Efektivitas Permainan Tradisional Jawa Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kecamatan Suruh. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9235

Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183-193. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sardiah Srikandi, I Made Suardana, Sulthoni Sulthoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License