Manajemen Pengawas Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19

Juliana Juliana, Yusrizal Yusrizal, Niswanto Niswanto

Abstract


Abstract: During the COVID-19 pandemic, the presence of a supervisor is essential, especially in providing guidance and supervision, conducting evaluations, providing teacher professional training to increase the effectiveness of the learning process during the Covid-19 pandemic. Given the importance of the supervisory role, the ministry of education has issued technical guidelines for implementing supervision during the covid-19 pandemic. This article aims to describe the management of the elementary school supervisor during the covid-19 pandemic in Pidie Regency. The qualitative method with a descriptive model was used in this research, and data was obtained from observations, interviews, and relevant literature reviews. This study found that the supervisors of elementary school had not prepared the supervision program properly. Likewise, the implementation and evaluation are not following the supervisor’s manual and technical instructions for the supervisor during the COVID-19 pandemic. As a result, the supervision does not positively impact effective learning during the COVID-19 pandemic at elementary schools in Pidie Regency.

Abstrak: Di masa pandemi COVID-19, kehadiran seorang pengawas sangat penting, terutama dalam memberikan bimbingan dan supervisi, melakukan evaluasi, memberikan pelatihan profesional guru untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Mengingat pentingnya peran pengawas, Kemendikbud telah menerbitkan pedoman teknis pelaksanaan pengawasan selama pandemi Covid-19. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pengawas sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Pidie. Metode kualitatif dengan model deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi pustaka yang relevan. Penelitian ini menemukan bahwa pengawas sekolah dasar belum mempersiapkan program supervisi dengan baik. Demikian pula, pelaksanaan dan evaluasinya tidak mengikuti pedoman dan petunjuk teknis pengawas masa pandemi COVID-19. Akibatnya, pengawasan yang dilakukan tidak berdampak positif terhadap pembelajaran yang efektif selama pandemi COVID-19 di sekolah dasar di Kabupaten Pidie.

Keywords


school superintendent; primary school; covid-19; pengawas sekolah; sekolah dasar; covid-19

Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2015). Pengawasan Pendidikan: Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Alam, A. N., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2261–2265.

Anshori, A., Supriyanto, A., & Burhhanudin. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Program Pengawas SMA Negeri di Kota Makassar Zainal. PEP Educational Assessmen, 1(1), 85–92.

CNN Indonesia. (2020). KemenPPPA: 58 Persen Anak Tidak Suka Belajar dari Rumah. Retrieved 21 June 2021, from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200411112403-284-492560/kemenpppa-58-persen-anak-tidak-suka-belajar-dari-rumah

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzie, Y. Y. (2018). Bank Dunia: Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180607113429-284-304214/bank-dunia-kualitas-pendidikan-indonesia-masih-rendah

Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2020). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Norma. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 97–116.

Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235.

Kemdikbud. (2017). Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Margariena, I. N., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2231–2235.

Mendiknas. (2007). Permendiknas No 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Edi). London: SAGE Publications.

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Neuman, W. L. (2018). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 110–116.

Rakhmawati, S., & Wiyono, B. B., & Sultoni. (2020). Keterampilan Manajerial Kepemimpinan dan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi serta Hubungannya dengan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(11), 1680–1688.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 136-144.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. Retrieved from https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Sari, A. U. W., Supriyanto, A., & Burhhanudin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2254–2260.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, M., Usman, N., & Niswanto. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Tugas Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Lingkungan UPTD Suku I Disdikpora Kota Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah. Universitas Syiah Kuala.

Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338–1349.

Suwito., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(2), 134–140.

Syamsu, Y. (2018). Mutu Kinerja Pengawas Sekolah Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 31–40. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11569

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235.

Wagiran. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasinya. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Juliana Juliana, Yusrizal Yusrizal, Niswanto Niswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License