Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning

I Putu Widyanto, Raisa Vienlentia

Abstract


Abstract: Learning is an activity between educators, students and learning resources. Appropriate learning has a major impact on students, such as developing creativity, critical thinking skills. The research was conducted using a quasi-experimental method at the Dharma Acarya Faculty of IAHN-TP Palangka Raya to finding out how the effectiveness of the SCL learning approach on learning outcomes and critical thinking skills. The study sample was 36 students as a control group and 39 people as an experimental group. The results of thinking skills test and learning outcomes of students using the TCL and SCL learning approaches were analyzed by statistical paired sample t test, where the thinking skills test score TCL = 59.13 compared to SCL = 74.84. Learning outcomes score with TCL = 53.10 compared to SCL 61.38. So that SCL learning is more effective than TCL learning on thinking skills and student learning outcomes.

Abstrak: Pembelajaran merupakan aktivitas antara pendidik, peserta didik dan sumber belajar. Pembelajaran yang tepat memberikan dampak besar bagi peserta didik yaitu mengembangkan kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode quasi eksperimental di Fakultas Dharma Acarya IAHN-TP Palangka Raya dengan tujuan untuk untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendekatan pembelajaran SCL terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian adalah peserta didik sebanyak 36 orang kelompok kontrol dan 39 orang kelompok eksperimen. Hasil uji keterampilan berpikir dan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran TCL dan SCL dianalisis dengan statistik paired sample t test, dimana skor uji keterampilan berpikir TCL=59,13 dibandingkan SCL=74,84. Skor hasil belajar dengan TCL=53,10 dibandingkan SCL 61,38. Sehingga pembelajaran SCL lebih efektif dibandingkan pembelajaran TCL terhadap keterampilan berpikir dan hasil belajar peserta didik.


Keywords


student centered learning; technology acceptance models; critical thinking; learning outcomes; student centered learning; technology acceptance model; berpikir kritis; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adilah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98–103. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7521

Adriadi, A., & Tarihoran, N. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Negeri I Ciruas – Serang. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 15–38. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/96

Cahyaristi, N., & Arcana, I. N. (2018). Penerapan Model PBL Pada Pokok Bahasan Segitiga Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 992–1000. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2451

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Deden. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 98–107. http://eprints.uny.ac.id/21691/1/11 Deden.pdf

Fahruddin, Nyeneng, I. D. P., & Viyanti. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Metode Diskusi Berbasis Keterampilan Generik Sains Dengan Metode Ceramah. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4587

Farida, A. A., Rustini, T., & Sundari, N. (2015). Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Antologi UPI, 1, 1–11.

Fatmawati, E. (2015). Technology acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi perpustakaan. Jurnal Iqra’, 09(01), 1–13. jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66%0A

Hardianti, Nurhayati, & Yan, A. (2015). Peranan pendekatan scientific terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas x sma negeri 1 lappariaja. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 1(April), 34–39. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1464

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, I(I), 47–56. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/view/28

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Gahlia Indonesia.

Ine, M. E. (2015). Penerapan Pendekatan Scientific Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 20, 269–285. https://eprints.uny.ac.id/21909/

Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses). Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 4(2), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2257

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/13301

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013). Yrama Widya.

Kuswati, E. (2016). Improving Learning Activities by Implementing Scientific Approach through Discovery Learning Model. Dinamika Pendidikan, 11(1), 25–33. https://doi.org/10.15294/dp.v10i2.5104

Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). Implementasi Pendidikan Holistik Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 100–117. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598

Mahmudi, A. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 1, 561–566. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-81.pdf

Muhibah, S. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Tirtayasa Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 54–69. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836

Napitupulu, D. (2017). Kajian Penerimaan E-Learning Dengan Pendekatan Tam Study of E-Learning Acceptance Based on Tam Approach. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Budi Luhur, April, 41–48. http://lipi.go.id/publikasi/kajian-penerimaan-e-learning-dengan-pendekatan-tam-study-of-e-learning-acceptance-based-on-tam-approach/21629

Nelfiyanti, & Sunardi, D. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Pelajaran Al - Islam Ii Di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Spektrum Industri, 15(1), 1–119. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/si.v15i1.6185

Noprianty, R. (2016). Pendapat Mahasiswa Terhadap Implementasi PBL Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi S1 Keperawatan. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(2), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpki.25319

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Prasasti, P. A. T. (2016). Efektivitas Scientific Approach pada Pembelajaran Sains dengan Setting PBL untuk Memberdayakan Science Process Skills. Bioedukasi, 9(2), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623

Puryanti, E., & Maryamah. (2015). Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ski Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ilmiah PGMI, 1(2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/666

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan Student Centered Learning (Scl) Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Saeroji, A., Slamet, A., & Khafid, M. (2018). Scientific Learning Approach on Subject Material Computer Application for Financial Administration. Journal of Economic Education, 7(1), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jeec.v7i1.21725

Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Dan Ceramah Sebagai Problem Solving Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Cakrwala Pendidikan, XXXII(2), 207–219. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1478

Saifudin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Deepublish.

Sari, N., & Murwatiningsih. (2015). Economic Education Analysis Journal. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 151–163. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4692

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model ( Tam ) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 196–209. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3075

Simatupang, J. E., Mirza, R., & Akmal, M. El. (2019). Kemandirian belajar ditinjau dari kepercayaan diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 208–223. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2275

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 1(1), 97–104. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suardi, M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Suhartati. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas X Man 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(April). http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ptk/article/view/175/181

Sunarti, S. (2013). Hubungan Penerapan Metode Ceramah, Diskusi Dan Penugasan Dengan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran IPS / Sejarah Bagi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah IKIP Veteran Semarang, 1(1), 72–80. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/dimensi/article/view/249

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.528

Sutrisno, & Suyadi. (2016). Desain Kurikulum Perguruan tinggi, Mengacu KKNI. PT Remaja Rosdakarya.

Vivin, Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276

Wachyudi, K., Srisudarso, M., & Miftakh, F. (2015). Analisis Pengelolaan dan Interaksi Kelas dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 40–49. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Widyanto, I. P. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Saintifik di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Satya Widya: Jurnal Stusi Agama, 2(1), 82–100. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/satya-widya/article/download/56/42

Widyanto, I. P., Slamet, A., & Prihatin, T. (2018). The Utilization of Whatsapp Application on Scientific-Based Learning Management in Higher Education Institutions. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 247(Iset), 241–245. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.51

Yusri, Y. (2013). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1234/af.v12i1.3861

Zainuddin. (2016). Implementasi Pendidikan Andragogi Di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Jurnal Qolamuna, 2(1), 117–132. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/36

Zakaria, S. F., & Awaisu, A. (2011). Shared-Learning Experience During a Clinical Pharmacy Practice Experience. American Journal of Pharmaceutical Education, 75(4), 75. https://doi.org/10.5688/ajpe75475




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i4.15215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 I Putu Widyanto, Raisa Vienlentia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License