PEMAHAMAN KONSEP: CUKUPKAH HANYA DENGAN PEMBELAJARAN STAD?

Muhammad Amin, Toto Nusantara, Abdur Rahman As’ari

Abstract


The purpose of the study is to describe how STAD cooperative learning  improves seventh grade students of SMPN 4 Watampone comprehension of sets in mathematics. The study is a Classroom Action Research. After undergoing two cycles, the result of the study revealed that STAD cooperative learning is not enough to increase student comprehension. Therefore, researcher needs the additional action in each phase. The additional action consists of presenting the material using animated powerpoint and simulation method, giving an instruction to the group that have difficulties, reminding the student that there will be a test in the end of the lesson, and finally, giving rewards such as nomination (superior team, great team, and good team) and stationary.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran STAD yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII B SMPN 4 Watampone pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui dua siklus, pembelajaran tipe STAD saja belum cukup untuk meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, diperlukan STAD yang dalam setiap sintaksnya ditambahkan tindakan tertentu. Tindakan tersebut meliputi penyajian materi menggunakan powerpoint yang beranimasi dan metode simulasi, memberikan pengarahan bagi kelompok yang mengalami kesulitan, mengingatkan siswa bahwa ada kuis di akhir pembelajaran, dan pemberian penghargaan berupa predikat (tim super, tim hebat, tim baik) dan alat tulis.


Keywords


STAD; Sets; concept comprehension; STAD; himpunan; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2013. Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

As’ari, A.R. 2015. Pendidikan Matematika Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Siswa Indonesia Dalam Era Global. (Online),(https://www.Researchgate.Net/Publication/281652780_Pendidikan_Matematika_Kreatif_untuk_Meningkat_kan Daya_Saing_Siswa_Indonesia_Dalam_Era_Global, diakses 6 Maret 2017).

Bhattacharya, P.B. 1990. Basic Abstract Algebra. Cambridge: Cambridge University Press.

Chairani, Z. 2015. Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1):1—6.

Fathurrohman, P & Sutikno, S. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hancock, D. 2004. Cooperative Learning and Peer Orientation Effects on Motivation and Achievement. The Journal of Education Research. 97(3):159—166.

Hastuti. 2014. Penerapan Metode Simulasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kartamiharja, S & Ardiwinata, R. 1997. Materi Pokok Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depag.

Lestari, H. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Memahamkan Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMPN 5 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Munawaroh. 2013. The Effect of Type Stad Cooperative Learning Model, the Way of Learning, And Learning Motivation to Ward Enterpreneurial Attitudes (A Case Study in SMKN I Jombang). IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 3 (5):38—44.

Nurhadi, S. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nursan. 2005. Pengaruh Metode Mengajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Geometri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas VII Semester II SMPN 9 Kendari. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pradika, K., Kriswandani & Yunianta, H.N. 2011. Analisis Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Amal Sholeh Kecamatan Getasan. (Online), (http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5647/3/T1_202010130_Full%20text.pdf, diakses 6 Maret 2017).

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Purnawanto. 2011. Pengaruh Suasana Kelas yang Monoton dan Membosankan terhadap Proses Pembelajaran. (Online) (http://calongurufisika.blogspot.co.id/2012/08/pengaruh-suasana-kelas-yang-monoton-dan.html,diakses 6 Maret 2017).

Purwanto. 2013. Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Think Pair Share dengan Simulasi Dalam Belajar Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rastuti, R. 2011. Pengaruh Pemberian Penghargaan dan Sanksi terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Falah Salo Bangkinang. Tesis tidak diterbitkan. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim.

Shifflet, M. & Brown, J. 2006. The Use Instructional Simulation to Suffort Classroom Teaching: A crissis Communication Case Study. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia. 15(4):37—45.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudiyono. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Reguler terhadap Hasil Belajar IPA SD dengan Kemampuan Regulasi Diri yang Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suhada, I. 2016. Penerapan Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berhitung Pecahan di kelas 5.2 SDN Andir Kidul Kota Bandung. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suhendri, H. 2007. Penggunaan Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran. (Online), (http://www.blogger.com/feeds/post/default, diakses 30 Januari 2017).

Sultan. 2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 18 Pare-Pare. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sumadji. 2008. Penerapan Pembelajaran Model STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Fungsi Linear Siswa Kelas X di SMK Singhasari Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Thorndike, E.L. 1991. The Measurement of Intelegence. Madison University of Wisconsin. (Online), (https://books.google.co.id/books?id=3SuBDp8bo7gC&pg=PA4&lpg=PA4&dq=teori+motivasi+tes&source=bl&ots=c7SUpwA7uS&sig=42dKbzDUrvXJXZe4gxkV5wmPXDU&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwia9N6g1OzRAhVEuI8KHbWpBUYQ6AEIMjAD#v=onepage&q&f=false, diakses 31 Januari 2017).

Tiurma, L & Retnawati, H. 2014. Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Tiga Dimensi Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika di SMA. Jurnal Pendidikan. 44 (2):175—187.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Amin, Toto Nusantara, Abdur Rahman As’ari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License