PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Yustin Susanti, Wahjoedi Wahjoedi, Sugeng Utaya

Abstract


The purpose to be achieved in this research is to improve activities and students learning outcomes in subtheme the importance of their own health and the environment through the implementation of cooperative learning type of STAD. The approach applied in this research is the Classroom Action Research (CAR). Subject in this research is student of class V SDN Mangunharjo 02. Collecting data in this research using observation and test. Data were analyzed using reduction data, data exposition, and make a conclusion. The result research is show that: (1) there is an increased learning activities from first cycle to second cycle by 14%, (2) there is an increase learning outcomes from first cycle to second cycle by 30%.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa  pada materi subtema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mangunharjo 02. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan tes. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 14% dan (2) peningkatan hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 30%.


Keywords


activities; learning outcomes; STAD; aktivitas; hasil belajar; STAD

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Adrian, Y., I Nyoman Sudana Degeng & Sugeng Utaya. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Retensi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online) 1 (2):222—226. (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp /article/view/6125/2582, diakses 15 Maret 2017).

Amosa, I. 2015. Effects of Computer-Assisted STAD, LTM and ICI Cooperative Learning Strategies on Nigerian Secondary School Students Achievement, Gender and Motivation in Physics. Journal of Education and Practice (Online) 6 (19):16—28, (http://iiste. org/Journals/index.php/JEP /article/view/24161/24734, diakses12 Mei 2016).

Dewi, M.L. 2008. Belajar Kelompok Model STAD dan Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 15 (3):182—192, (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2538/355, diakses 16 Maret 2017).

Dimyati & Mujdiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gillies, R.M. 2008. The Effects of Cooperative Learning on Junior High School Students Behaviour, Discourse and Learning During a Science-Based Learning Activity. Sage Publications (Los Angeles, London, New Delhi and Singapore), (online) 29 (3):328—347, (http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0143034308093673, diakses 11 Maret 2017).

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Istiaricha, N. 2014. Penerapan Pembelajaran STAD dan One Stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Kiduldalem I Bangil. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Lamba, H.A. 2006. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online) 13 (2):122—128, (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/55/288, diakses 16 Maret 2017).

Maharani, Y.D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Batuaji 2 Kabupaten Kediri. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Miles, M.B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Munawaroh. 2012. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Cara Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Sikap Kewirausahaan (Studi Kasus di SMKN 1 Jombang). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, (Online) 19 (2):184—195 , (http://journal.um.ac.id/ index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3397/616, diakses 16 Maret 2017).

Munawaroh, S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kecamatan Ponorogo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Parno. 2012. Pengaruh Model STAD terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Zat Padat. Jurnal Ilmu Pendidikan, (online) 18 (2):201—209, (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3622/1232, diakses 16 Maret 2017).

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Rakimahwati & Sri Hartati. 2013. Penggunaan Tutor Sebaya untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online) 19 (2):172—176, (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/4209/1196, diakses 16 Maret 2017).

Rianawati. 2017. Implementation Strategy Cooperative Learning Type of Student Achievement Division Team (STAD) to Improve Social Skills Students on Learning Morals in MAN 2 Pontianak Learning the Year 2016/2017. Journal of Education and Practice, (Online), 8 (3):165—174, (http://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/35111/36115, diakses 11 Maret 2017).

Romadiyah, U. 2014. Penerapan Model Pembelajaran STAD dan TSTS Berbantuan Media Ice Cream Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sari, I.Y. 2016. Implementasi Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, (Online) 1 (1):45—51, (http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/227/184, diakses 16 Maret 2017).

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siskandar. 2009. Kefektifan Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 16 (3):178—185, (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2571/1397, diakses 16 Maret 2017).

Slavin, R. E.2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto.2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Raya.

Utami, W.S., Sumarmi., I Nyoman Ruja & Sugeng Utaya. 2016. REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Transfering) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practice, (Online) 7 (17):100—104, (http://iiste.org/Journals/index.php/JEP/ article/view/31094/32394, diakses 11 Maret 2017).

Wibawa, B. & Mahdiyah, Afgani J. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yi Chuan, C. 2014. Orientating Cooperative Learning Model on Social Responsibility in Physical Education. International Journal of Research Studies in Education, (Online) 3 (4):3—13, (http://www.consortiacademia.org/index.php/ijrse/article/view/728/359, diakses 12 Mei 2016).

Yusuf, S. 2008. Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yustin Susanti, Wahjoedi Wahjoedi, Sugeng Utaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License