PEMANFAATAN METODE SAW PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN

Tri Apriyanto Sundara, Restyaliza Dhini Hary

Abstract


Students who are in junior high school should have been able to read children stories appreciative. However, based on the results of research that has been done, appreciative children's story reading skills in students is still low due to the model applied learning teachers have not been effective. This study is a follow-up that aims to identify effective learning model that can be used by teachers in teaching reading children stories appreciative. The learning model studied is a model of Group Investigation (GI) and Jurisprudential Inquiry (JI) to utilize the Simple Additive Weighting (SAW) method for support decision. The criteria on which the decision is motivation and student learning outcomes. Based on the analysis of data using SAW method, it is known that an effective learning model applied to teachers in teaching reading children's stories are appreciative GI learning model.

 Siswa yang duduk di bangku SMP selayaknya telah mampu membaca apresiatif cerita anak. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, keterampilan membaca apresiatif cerita anak pada siswa masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan guru belum efektif. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran efektif yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran membaca apresiatif cerita anak. Model pembelajaran yang diteliti adalah model Group Investigation (GI) dan Jurisprudential Inquiry (JI) dengan memanfaatkan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai pendukung keputusan. Adapun kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode SAW, dapat diketahui bahwa model pembelajaran yang efektif diterapkan guru dalam pembelajaran membaca apresiatif cerita anak adalah model pembelajaran GI.


Keywords


simple additive weighting; group investigation; jurisprudential inquiry

Full Text:

PDF

References


Bilda, W. 2016. Pendidikan Karakter Terencana melalui Pembelajaran Matematika. Alphamath, 2(1).

Hamalik, O. 2000. Psikologi Belajar dan Manager. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Istikomah, H., Hendratto, S. & Bambang, S. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1).

Khoiriyah, A.J., Siti Zubaidah & Istamar Syamsuri. 2017. Penerapan Inkuiri Terpimpin Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pengetahuan Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 2 (3):409—415, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8658, diakses 7 Juli 2017).

Metrotvnews.com. 2014. “Ternyata Siswa Indonesia hanya Sanggup Baca Satu Halaman Buku per 15 Hari?”. (Online). (http://m.metrotvnews.com./read/2014/09/09/289360/ternyata-siswa-indonesia-hanya-sanggup-baca-satu-halaman-buku-per-15-hari).

Muslich, M. & Oka, I.G.N. 2010. Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi. Bumi Aksara.

Nirwana, N.M. 2014. Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dengan Metode Konvesional pada Prestasi Belajar Statika Kelas X Program Keahlian Konstruksi Bangunan di SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurlis. 2011. Peningkatan Keterampilan Berdebat melalui Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Siswa Kelas XI Teknik Informatika SMKN 1 Batipuh. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Ratna, G.A. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Republika Online. 2014. “UNDP: IPM Indonesia di Peringkat 108 dari 187 Negara”. (Online). (http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/07/24/n97z12-undp-ipm-indonesia-di-peringkat-108-dari-187-negara).

Sardjoko, T. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Group Investigation pada Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa SMA di Kabupaten Ngawi. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Susanti, Y., Wahjoedi & Sugeng Utaya. 2017. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online) 2 (5):661—666, ( http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9160/4422, diakses 7 Juli 2017).

Zulita, L.N. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SAW untuk Penilaian Dosen Berprestasi (Studi Kasus di Universitas Dehasen Bengkulu). Media Infotama, 9 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Tri Apriyanto Sundara, Restyaliza Dhini Hary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License