Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP)

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) ISSN 2302-996X terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM). Terbit pertama kali pada tahun 1994 dengan nama Sumber Belajar . JPP memperoleh kembali status terakreditasi (B) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan SK Nomor 80/DIKTI/Kep/2012, tanggal 13 Desember 2012.

JPP dapat dilanggan dengan infak sebesar Rp.100.000 (seratus ribu rupiah) per nomor pertahun (2 nomor; April-Oktober), belum termasuk ongkos kirim melalui TIKI. Uang langganan dikirimkan dengan pos wesel kepada Pelaksana JPP di alamat LP3 Universitas Negeri Malang Gedung H7 Jalan Semarang 5 Malang. JPP juga melayani permintaan tukar-menukar jurnal secara gratis sepanjang tiras masih memungkinkan.

Journal Homepage Image

Petunjuk penulisan artikel untuk JPP silahkan klik: Petunjuk Penulisan

Alamat Dewan Redaksi:

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN (JPP)

LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

UNIVERSITAS NEGERI MALANG (LP3 UM)

AKREDITASI: No. 80/DIKTI/Kep/2012 – Tanggal 13 Desember 2012

Jalan Semarang 5 (Gedung H7), Malang 65145

Telp. (0341) 551312 Psw. 406 l Telp./Fax (0341) 587944

 

E-mail: jpp@um.ac.id

Website: http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran


Vol 20, No 2 (2013)

Table of Contents

Articles

POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI PROVINSI SULAWESI TENGAH Abstract Full Text
Pathuddin Pathuddin 113-123
PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBUKTIAN PADA KONSEP GRUP BERDASARKAN GAYA KOGNITIF Abstract Full Text
Herry Agus Susanto 124-133
PENGARUH STRATEGI PENGAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RESPON TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMAN 2 MALANG Abstract Full Text
Hayuni Retno W., Srini M. Iskandar, Tofan Hadi S 134-140
Pemberdayaan Kecakapan Berpikir Siswa SMA Bertaraf Internasional Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Redox Reaction Berorientasi “Group Investigation Cooperative” Abstract Full Text
Utiya Azizah, Harun Nasrudin 141-151
MEMOTIVASI SISWA BELAJAR SAINS DENGAN MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BILINGUAL Abstract Full Text
Achmad Lutfi 152-159
KARAKTERISTIK AWAL PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MANIFESTASI PERILAKU MASYARAKAT PADA PILOT PROJECT WILAYAH BEBAS SAMPAH Abstract Full Text
Mimien Henie Henie Irawati Al Muhdhar 160-171
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Penanaman Wawasan Kegeografian Abstract Full Text
Syaiful Khafid 172-179
Implementasi Pembelajaran Kontekstual RANGKA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep IPA Abstract Full Text
Evi Suryawati 180-189
Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri Abstract Full Text
Warli Warli 190-201
Sumbangan Metacognitive Self-Regulation dan Self-Efficacy Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Konsep Kimia Dasar Abstract Full Text
Bambang Sugiarto 202-207
Pengaruh Bentuk Penilaian Formatif Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Adaptif Terhadap Hasil Belajar Teori dan Praktik Kewirausahaan Abstract Full Text
I Made Parsa 208-221
Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif Abstract Full Text
Cholis Sa’dijah 222-227