Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP)

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) ISSN 2302-996X terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM). Terbit pertama kali pada tahun 1994 dengan nama Sumber Belajar . JPP memperoleh kembali status terakreditasi (B) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan SK Nomor 80/DIKTI/Kep/2012, tanggal 13 Desember 2012.

JPP dapat dilanggan dengan infak sebesar Rp.100.000 (seratus ribu rupiah) per nomor pertahun (2 nomor; April-Oktober), belum termasuk ongkos kirim melalui TIKI. Uang langganan dikirimkan dengan pos wesel kepada Pelaksana JPP di alamat LP3 Universitas Negeri Malang Gedung H7 Jalan Semarang 5 Malang. JPP juga melayani permintaan tukar-menukar jurnal secara gratis sepanjang tiras masih memungkinkan.

Journal Homepage Image

Petunjuk penulisan artikel untuk JPP silahkan klik: Petunjuk Penulisan

Alamat Dewan Redaksi:

JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN (JPP)

LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

UNIVERSITAS NEGERI MALANG (LP3 UM)

AKREDITASI: No. 80/DIKTI/Kep/2012 – Tanggal 13 Desember 2012

Jalan Semarang 5 (Gedung H7), Malang 65145

Telp. (0341) 551312 Psw. 406 l Telp./Fax (0341) 587944

 

E-mail: jpp@um.ac.id

Website: http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran


Vol 20, No 1 (2013)

Table of Contents

Articles

E-Learning, Implementasi Teknologi Di Era Belajar: Kajian pada Mata Kuliah Kurikulum PKN di Jurusan PIPS FKIP Universitas Mataram Abstract
Edy - Herianto
Pengaruh Persepsi Proses Pembelajaran, Penilaian dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Literasi Ekonomi Siswa SMA Abstract
Agung Haryono
Kemampuan Generik Sains Kesadaran Tentang Skala Sebagai Wahana Mengembangkan Praktikum Kimia Organik Berbasis Green Chemistry Abstract
Sudarmin
Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru Abstract
Gunawan , Agus Setiawan, Dwi H. Widyantoro
Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan Mesin Abstract
Muh. Rais, Wayan Ardhana
Peningkatan Penguasaan Konsep Mahasiswa Melalui Praktikum Elektrolisis Berbasis Budaya Lokal Abstract
I Nyoman Suardana, Liliasari Liliasari, Ismunandar Ismunandar
Pesan Moral dan Nilai Budaya Banten Dalam Cerpen Anak Pada Surat Kabar Pikiran Rakyat Dan Kompas Sebagai Pengembangan Sarana Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di Kelas VII SMPN 6 Kota Tangerang Abstract
Suprani
Expenditure Siswa SMAN Berdasarkan Geoekonomi Abstract
Sunarni
Peningkatan Keterampilan Kinerja (Performance) Siswa Kelas X1 SMAN 4 Palangka Raya pada Materi Ekosistem dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Abstract
Supramono
Pengaruh Persepsi Kegiatan Pembelajaran Ekonomi Terhadap Pembentukan Sikap Homo Economicus Bermoral pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Surabaya Abstract
Jun Surjanti, Laili Maslachah
Efektivitas Model Belajar “Demonstrasi Interaktif Berbasis Inkuiri” dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitik dan Kreatif Mahasiswa Teknik Konversi Energi Politeknik Abstract
I Gede Rasagama, Hermagasantos Zein, Agus Setiawan, Liliasari Liliasari
Eksplorasi Program Pembinaan Pelaksana Pendidikan Pendekatan School Based Management pada Madrasah Tsanawiyah Kawasan Pinggiran, Pedesaan, dan Terpencil di Jawa Timur Abstract
Moh Ainin, Lilik Nur Kholidah, Ali Ma'sum