PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Akhmad Suyono

Abstract


Penelitian bertujuan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar pelajaran ekonomi siswa yang
diajar melalui pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw dengan tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan bulan April sampai Juli 2012. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Teluk
Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 59 orang siswa, terdiri 26
orang siswa laki-laki dan 33 orang siswa perempuan. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa
yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
kooperatif teknik STAD


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i3.6025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional