PENGARUH PERSEPSI KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

Mohamad Arief Rafsanjani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dugaan Eccles (2005) yang menyatakan bahwa keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar dimediasi oleh konsep diri siswa tentang kemampuan akademiknya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMAN se Kota Malang dengan 292 sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis jalur model causal steps milik Baron & Kenny (1986) dan uji sobel (Sobel test). Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa konsep diri di bidang akademik berfungsi secara signifikan sebagai variabel mediator pada pengaruh persepsi atas keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Namun peran variabel konsep diri di bidang akademik dalam model penelitian ini merupakan partial mediation variable atau merupakan variabel yang memediasi sebagian dari pengaruh persepsi atas keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukan bahwa tidak hanya konsep diri dibidang akademik yang menjadi variabel mediator dari pengaruh persepsi atas keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar, akan tetapi ada variabel lain yang juga memediasi hubungan kausal dari dua variable tersebut. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i1.6046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional