PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 ANTARA GAYA KOGNITIF “FIELD INDEPENDENT “ DAN “FIELD DEPENDENT
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei, bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 (AKM 1) pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester empat jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang yang telah menempuh AKM 1 terdiri dari 288 mahasiswa dengan mengambil sampel sebanyak 167 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk data hasil belajar dan tes (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif. Teknik analisis data dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar AKM 1 diantara mahasiswa yang memiliki dimensi gaya kognitif field independent dengan field dependent.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i1.6049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education
This Journal Indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.