PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 ANTARA GAYA KOGNITIF “FIELD INDEPENDENT “ DAN “FIELD DEPENDENT

Nunuk Suryanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian survei, bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 (AKM 1) pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester empat  jurusan akuntansi  Universitas Negeri Malang yang telah menempuh AKM 1 terdiri dari 288 mahasiswa dengan mengambil sampel sebanyak 167 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk data hasil belajar dan tes (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif.  Teknik analisis data dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar AKM 1 diantara mahasiswa  yang memiliki dimensi gaya kognitif field independent dengan  field dependent.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i1.6049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional