PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KASUS (CASE BASED) PADA MATA KULIAH ASPEK HUKUM EKONOMI DAN BISNIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kasus pada mata kuliah Aspek Hukum Ekonomi dan Bisnis. Pengembangan bahan ajar menggunakan model rancangan Borg&Gall yang dimodifikasi dalam 10 langkah prosedur pengembangan. Kegiatan utama penelitian ini meliputi (1) merancang dan mengembangkan bahan ajar, dan (2) memvalidasi serta merevisi bahan ajar. Bahan ajar dirancang dalam 11 (sebelas) bab, di mana setiap bab terdiri dari komponen: contoh kasus, apersepsi, tujuan pembelajaran, materi, dan soal latihan. Validasi bahan ajar dilakukan oleh dua orang validator yang memiliki kompetensi di bidang hukum bisnis. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan bahwa: contoh kasus yang digunakan sudah relevan dan orisinil serta dapat memotivasi mahasiswa untuk berpikir kritis. Penyajian materi pembelajaran berdasar urutan dari yang mudah sampai sulit dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak dan valid serta dapat dilakukan uji coba pada tahap berikutnya.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i1.6053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education
This Journal Indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.