PENGARUH PEMBELAJARAN KUANTUM BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENALARAN MAHASISWA

I Gusti Ngurah Japa

Abstract


Abstract: Problem-based Quantum Teaching in Mathematics and Students’ Reasoning. The aim of the study is to analyze the effect of problem-based quantum teaching model in Mathematics on students’ reasoning. Employing a quasi-experimental research design of nonequivalent-posttest-only-control-group one, the study involved students of elementary-school-teacher-education department. The students’ reasoning consisted of three basic dimensions: basic-skill thinking, critical thinking, and creative thinking. The data were collected through a reasoning test, which were then analyzed through one-way MANOVA. Quantum teaching oriented towards problem-solving activities was found to be effective in developing students’ rea­soning, particularly in the areas of basic-skill thinking, critical thinking, and creative thinking.

Keywords: quantum teaching, problem-solving activities, students’ reasoning, mathematics learning

Abstrak: Pengaruh Pembelajaran Kuantum Berorientasi Pemecahan Masalah dalam Pembela­jaran Matematika terhadap Penalaran Mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kuantum berorientasi pemecahan masalah terbuka terhadap kemampuan berpikir dasar, berpikir kritis dan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan PGSD Univer­sitas Pendidikan Ganesha terhadap mahasiswa semester II tahun akademik 2011/2012, dan mengikuti desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Data yang dikumpulkan berupa data penalaran mahasiswa yang terdiri dari tiga dimensi keteramplan ber­pikir yaitu keterampilan berpikir dasar (KBD), keterampilan berpikir kritis (KBKs), dan keterampilan berpikir kreatif (KBKf). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes penalaran, dan dianalisis dengan mengguna­kan Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran kuantum berorientasi pemecahan masalah terbuka dalam pembelajaran matematika menghasilkan capaian yang lebih baik dalam  keterampilan berpikir dasar,  keterampilan ber­pikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.

Kata kunci: pembelajaran kuantum, pemecahan masalah terbuka,  penalaran mahasiswa, pembelajaran matematika

Keywords


quantum teaching, problem-solving activities, students’ reasoning, mathematics learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v20i1.4373

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats