Student's Mathematical Connection to Problem-Solving Based on Rational Personality Types

Alkans Sofyawati Sutrisno, Toto Nusantara, Susiswo Susiswo

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe students’ mathematical connection of rational type students in solving mathematics problem. The research data was obtained by analyzing the answer sheets and interview of two subjects based on mathematical connection indicators. The results show the process of mathematical connection in everyday life that students do with rational personality type is complete. However, different results are found that in the connection between mathematical concepts and mathematical process connection processes as the equivalent representation of students with rational personality types is not yet complete.
Key Words: mathematical connection, rational personality types


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan koneksi matematis siswa bertipe kepribadian rasional dalam memecahkan masalah Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data diperoleh dari lembar jawaban dan wawancara terhadap dua subjek kemudian dianalisis berdasarkan indikator koneksi matematis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa subjek menunjukkan koneksi Matematika dalam kehidupan sehari-hari secara lengkap. Namun hasil berbeda ditemukan bahwa proses koneksi antar konsep Matematika dan proses koneksi prosedur Matematika sebagai representasi yang ekivalen dari siswa dengan tipe kepribadian rasional adalah belum lengkap.
Kata kunci: koneksi matematis, tipe kepribadian rasional


Keywords


mathematical connection; problem-solving; rational personality types

Full Text:

PDF

References


Aini, K. N., Purwanto, & Sa’dijah, C. (2016). Proses koneksi Matematika siswa berkemampuan tinggi dan rendah dalam memecahkan masalah bangun datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembang-an, 1(3), 377–388.

Dewiyani, M. (2009). Karakteristik proses berpikir siswa dalam mempelajari Matematika berbasis tipe kepribadian. Prosiding Seminar Nasional, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 481–492.

Hasanah, N. M., & dan Sutrima. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert-introvert dan gender. Jurnal Pasca UNS, 422–432.

Hidayatulloh, Usodo, B., Riyadi. (2013). Proses berpikir kreatif siswa SMP dalam pemecahan masalah Matematika ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(5), 445–456.

Keirsey, D. (1998). Please understand me II: temperament, character, intelligence. Prometheus Nemesis. https: //doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Kudratullah, A. (2014). Deskripsi proses berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari tipe kepribadian (Unpublished master’s thesis). Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Muryati, & Rahaju, E. B. (2016). Proses berpikir siswa SMA dalam pemecahan masalah pembuktian ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey Temperament Sorter (KTS). MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 310–319.

NCTM. (2000). Principles and standards for school Mathe-matics. School Science and Mathematics (Vol. 47). https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001. tb17957.x

Nuraini, N. L. S. (2014). Kemampuan koneksi Matematika siswa kelas X pada materi Trigonometri (Unpublished master’s thesis). Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Okike, E. U., & Amoo, O. A. (2014). Problem solving and de-cision making: Consideration of individual differences in computer programming skills using Myers Briggs Type Indicator (MBTI) and Chidamber and Kemerer Java Metrics (CKJM). Journal of Applied Information Science and Technology, 7(1), 27–34.

Permendikbud. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20.

Prasetyo, A., Dwidayati, N. K., & Junaedi, I. (2017). Stu-dents’s Mathematical connection ability and disposition reviewed by Keirsey personality type through eliciting activities Mathematics learning model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 190–197.

Prihati, C. N., & Wijayanti, P. (2017). Profil berpikir refraktif siswa SMP dalam memecahkan masalah Geometri ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(6), 48–57.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.

Sugiman, S. (2008). Koneksi matematik dalam pembelajaran Matematika di sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.21831/PG.V4I1.687.

Utami, W. S. (2015). Proses berpikir siswa kelas VII dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari tipe kepribadian dan gender di SMP Negeri 2 (Unpublished master’s thesis). Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Yurlita, T. P., Nur’aeni, H. E., & Pranata, H. O. H. (2014, November). The enhancement ability of Mathematical connection in paralellogram material through learning based on Van Hiele theory. Proceedings of International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED (pp. 25–32). Yogyakarta, Indonesia: Yogyakarta State University




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v7i1.12499


Jurnal Pendidikan Sains

Journal of Science Education

Graduate School of Universitas Negeri Malang, Indonesia

Lisensi Creative Commons

JPS is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License