Ranu Pani Resort Orchid Diversity Atlas

Novita Yanuartanti, Susriyati Mahanal, Murni Saptasari

Abstract


Abstract: This research aims to determine the validity of orchid diversity atlas in the Plant Diversity course for Biology Education students. This research was a development research that referred to ADDIE development model which was limited to the stage of Develop phase. The validity of atlas products was obtained from subject matters expert, media expert and field testing. While for practicality, it can be seen from student responses. The results showed the mean results of the subject matter expert validation score was 97.84%, media validation was 98.75%, field testing was 94%, and student responses was 94%. To sum up, this diversity atlas is valid and practical for plant diversity course.
Key Words: orchid diversity atlas, ADDIE development model, plant diversity course


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kevalidan produk atlas keanekaragaman anggrek pada matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan untuk mahasiswa Pendidikan Biologi. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang mennggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai tahap Develop. Kevalidan produk atlas diuji berdasarkan hasil skor validasi dari ahli materi, media, dan praktisi lapangan, sedangkan untuk kepraktisan dapat diuji dari respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil skor validasi materi memiliki nilai persentase 97,84%, validasi media 98,75%, praktisi lapangan 94%, dan respon mahasiswa 94%. Simpulan penelitian adalah produk atlas keanekaragaman anggrek valid dan praktis digunakan mahasiswa dalam matakuliah Keanekara-gaman Tumbuhan.
Kata kunci: atlas keanekaragaman anggrek, model pengembangan ADDIE, matakuliah keanekaragaman tumbuhan

 


Keywords


orchid diversity atlas; ADDIE development model; plant diversity course

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Balai Besar TNBTS. (2014). Rencana Pengolahan Jangka Panjang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang Provinsi Jawa Timur. Malang, Indonesia: Kementerian Kehutanan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York, USA: Springer.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2014). Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fidyah, A.I. (2016). Pengembangan Atlas Flora Paku-Pakuan sebagai Sarana Identifikasi. Jurnal BioEdu, 5 (3), 1–7.

Herdiana, Nanang. (2006). Keragaman Jenis Anggrek Epifit di Blok Ireng-Ireng Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 3(5), 575–583.

Kemenristek PT. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran.

Lynam, T., Jong, W., Sheil, D., Kusumanto, T., & Evans, K. (2007). A Review of Tools for Incorporating Community Knowledge, Preferences, and Values into Decision Making in Natural Resources Management. Journal Ecology and Society, 12(1), 5–10.

Nugroho, G.D., Aditya., Dewi, Kristina., & Suratman. (2017). Keanekaragaman Anggrek (Orchidaceae) di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb), Jawa Tengah. Prosiding Semnas Masyarakat Biodiverisitas Indonesia, 4(2), 195–201. doi: 10.13057/psnmbi/m040217.

Noguchi, T. (2014). Atlas of Plant Cell Structure. New York, USA: Springer.

Paidi. (2008). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimplementasikan PBL dan Model Metakognitif serta Efektivitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi SMA di Sleman-Yog-yakarta (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Perry, J.W., & David, M. (1998). Photo Atlas for Botany. USA: Wadsworth Publishing Company.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya .

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, I. (2012). Teknologi Digital untuk Mendukung Atlas. (Makalah diterbitkan), Jakarta, Indonesia.

Solika, M. (2015). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Tumbuhan: Fabales, Apocynales, dan Magnoliales sebagai Sarana Identifikasi. Jurnal BioEdu, 4(3), 927–931.

Stipkova, Z., Traxmandlova, I., & Kindlmann, P. (2016). Determinants Of Orchid Species Diversity in Latin America. Journal Lankesteriana, 16(2), 293–297.

Sulasmi, E.S., Sunarmi., Mahanal, S., & Wijayanto, A. (2016). Rencana Perkuliahan Semester Mata Kuliah Keanekaragaman Tumbuhan FMIPA UM Semester Genap 2015/ 2016. Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.

Vukovic, N., Brana, S., & Mitic, B. (2011). Orchid diversity of the cape of Kamenjak (Istria, Croatia). Journal Acta Bot Croat, 70(1), 23–40.

Wulanesa, W.O.S., Soegianto, A., & Basuki, Nur. (2017). Eksplorasi dan Karakterisasi Anggrek Epifit di Hutan Coban Trisula Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jurnal Produksi Tanaman, 5(1), 125–131.

Widodo. (2014). Karakteristik Morfo-Anatomi dan Kimiwi Spesies Cosmostigma Racemosum (Asclepiadoidea) dan Pengembangan Atlas Struktur Morfologi Anatomi serta Kimiawinya. (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Wisehart, G.D., Rempala, E.C. & Leboffe, M.J. (2012). A Photographic Atlas of Marine Biology. USA: Morton Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v7i2.12514


Jurnal Pendidikan Sains

Journal of Science Education

Graduate School of Universitas Negeri Malang, Indonesia

Lisensi Creative Commons

JPS is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License