Pengembangan E-UKBM Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Flip PDF Berbasis Model Argument Driven Inquiry untuk Melatih Literasi Teknologi dan Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas XI SMAN 2 Batu

Naily Adniy Rochmy, I Wayan Sumberartha, Vivi Novianti

Abstract


Mewabahnya COVID-19 menyebabkan seluruh aktivitas pembelajaran dilaksanakan secara online. E-UKBM menjadi alternatif bahan ajar yang tepat disebabkan proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan teknologi berupa smartphone atau laptop. Keterampilan argumentasi menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai siswa karena siswa secara bertahap belajar menyelesaikan masalah dari hasil berpikir yang benar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menyusun E-UKBM berbasis Argument Driven Inquiry pada materi sistem pencernaan yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan  ADDIE dengan mengadopsi beberapa tahap pengembangan dari metode Branch. Desain dan isi E-UKBM dirancang menggunakan aplikasi Canva kemudian elemen-elemen E-UKBM yang telah didesain diprogram ke  dalam software Flip PDF. Sampel yang digunakan berupa dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 2 Batu. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan meliputi ahli materi, ahli media, ahli perangkat pembelajaran, praktisi pendidikan biologi, dan siswa SMAN 2 Batu memperoleh persentase berturut-turut yaitu 100%, 98,5%, 97%., dan 100%. Hasil dari tiap uji menunjukkan bahwa E-UKBM sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v10i1.25306


Jurnal Pendidikan Sains

Journal of Science Education

Graduate School of Universitas Negeri Malang, Indonesia

Lisensi Creative Commons

JPS is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License