Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bermuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII
Abstract
This research aims to produce teaching materials writing pantun contains cultural value with word tree strategy for junior high school students. The model used in this research and development is the development model of 4D Thiagarajan, Semmel, and Semmel (1974). This development research produces writing materials writing pantun contains cultural value with the strategy of word tree in the form of a book equipped with a guide book for teachers. Based on expert test results, this teaching materials is feasible and ready to be implemented.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis pantun bermuatan nilai budaya dengan strategi pohon kata untuk siswa kelas VII SMP. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar menulis menulis pantun bermuatan nilai budaya dengan strategi pohon kata dalam bentuk buku disertai dengan buku panduan untuk guru. Berdasarkan hasil uji ahli, bahan ajar ini layak dan siap diimplementasikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaluddin. (2010). Nyanyian Rakyat Bugis: Kajian Bentuk, Fungsi, Nilai, dan Strategi Pelestariannya. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 38(1), 51—62.
DePorter, B. & Hernacki, M. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Diri Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (Alwiyah Abdurrahman, Translator). Bandung: Kaifa.
Juliandi. (2010). Analisis Komparatif. Retrieved from www.azuarjuliandi.com.
Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Koswara, D. (2011). Antroponimi dan Toponimi Universal di dalam Struktur Naratif Sastra Sunda Buhun (Kajian Semiotik terhadap Kelisanan Carita Pantun dan Keberaksaraan Wawacan Sanghyang Jagatrasa. Metasastra, 4(2), 134—149. DOI 10.26610/metasastra.2011.v4i2.134-149.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murti, F. N. (2015). Model Threshold Pantun untuk Pembelajaran Memproduksi Pantun Kelas XI. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pannen, P. & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar-Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.
Pranata, M. (2013). Pendidikan Karakter: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Seni. Malang: Bayumedia Publishing.
Purwo, S. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Elektronik pada Pembelajaran Pantun dan Syair dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas V SDN Sawojajar 4. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Soetarno. (2008). Peristiwa Sastra Melayu Lama. Surakarta: PT Widya Duta Grafika.
Thiagarajan, S., Semmel D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: University Bloomington.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ratih Purbayu Khoirotunnisa, Muakibatul Hasanah, Taufik Dermawan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |