Pengembangan Pieces Card Game pada Pembelajaran Tema Perkembangan Teknologi untuk Kelas III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pieces card game pada tema perkembangan teknologi untuk kelas III SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini menggunakan tiga sekolah sebagai sampel, yaitu SDN Mojolangu sebagai uji kelompok kecil, SDN Blimbing 1 dan 3 sebagai uji lapangan. Setiap sekolah digunakan dua kelas, 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen. Analisis efektivitas produk yang dikembangkan menggunakan uji t. Hasil penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) produk pieces card game mendapat kriteria layak, (2) terdapat perbedaan hasil uji beda kelas kontrol dan ekperimen dengan taraf signifikan lebih kecil dari 0.05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational Research an Introduction (7thed). New York: Person Education Inc.
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismail, A. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan lengkap Aplikaif. Yogyakarta: DIVA Press.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Auliya Amiroh, Suharjo Suharjo, I Made Suardana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |