Meningkatkan Hasil Belajar Geografi menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Visual

Sudarman Sudarman, Budi Handoyo, Dwiyono Hari Utomo

Abstract


The objective of this research is to improve the students’ achievement using guided inqury learning model-assisted visual aids. The design of this research is classroom action research (CAR) that carried out to be two cycyles. The steps of this reaserch are planning, acting, observing, and reflecting. The subjects are 31 students of XI IS-1 grade of  SMA Negeri 5 Barabai. The collected data are qualitative data from observers who observing the teachers’ and students’ activities and also the qualitative data took from the result of formative test at the end of each cycle. The data anlysis using descriptive qulitative-quantitaive analysis. The result of the research from cycle 1 to 2 shows that the use of guided inquiry learning-assissted visual aids can improve the students’ achievement of flora and fauna in Indonesia and the world materials. The teacher’s activities improve from 69,44% of cycle 1 become 94,44% of cycle 2. The students’ activities improve from 66,67% of cycle 1 become 91,67% of cycle 2. The students’ achievments also improve from 54,84% on the cycle 1 to 87,09% on the cycle 2. Therefore, the guided inquiry learning-assisted visual aids is able to inprove the students’ achievemnt of XI IS-1 of  SMA Negeri 5 Barabai.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tahapan dari penelitian ini pada tiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI IS1 SMA Negeri 5 Barabai. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif yaitu data yang diambil dari observer yang mengamati aktivitas guru dan peserta didik dan juga data kuantitatif yang diambil dari hasil tes setiap akhir siklus. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Aktivitas guru meningkat dari 69,44% di siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. Aktivitas peserta didik meningkat dari 66,67% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 54,84% pada siklus I menjadi 87,09% pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai.


Keywords


guided inquiry; visual media; learning outcomes; inkuiri terbimbing; media visual; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arviansyah, R., Indrawati, I., & Harijanto, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inkuiri disertai LKS Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 308—314.

Djamarah. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Munatri, S., Suyatna, A., & Yulianti, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Buay Bahuga. (Disertasi tidak diterbitkan). Universitas Lampung, Lampung.

Natalia, M., & Yusuf, Y. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. BIOGENESIS (Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi), 9(2), 28—38. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/1896/1865.

Putri, M. Y., Suratno., & Aisyah, I. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) dengan menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Pancaran Pendidikan, 4(2), 163—172. Retrieved from http://pancaranpendidikan.or.id/article/file/10_15.pdf.

Rosita, R., & Basyah, L. M. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas IV SD Inpres 3 Terpencil Baina’a. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 244—256. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/120360-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-ma.pdf.

Sari, R. P., Leny, L., & Saadi, P. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS pada Materi Laturan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 12 Banjarmasin. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2), 13—19. Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/1196/1042.

Setiowati, H., Saputro, A. N. C., & Setyowati, W. A. E. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 54—60. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6582.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sudarman Sudarman, Budi Handoyo, Dwiyono Hari Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License