Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study terhadap Motivasi Belajar Geografi di SMA
Abstract
Abstract: The application of active and innovative learning model is an important factor to cultivate student learning motivation. The guided inquiry model based on lesson study is designed to maximize the students' ability to investigate so they can find their own learning materials with confidence. Lack of student confidence in following learning is a problem that occurs in the classroom associated with learning motivation. The purpose of this research is to know the influence of guided inquiry model based on lesson study on student learning motivation. The design of this study used quasi experiments. Data collection uses questionnaires to measure learning motivation. The result of the research shows that there is influence of guided inquiry model based on lesson study on learning motivation.
Abstrak: Penerapan model pembelajaran yang aktif dan inovatif merupakan faktor penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Model inkuiri terbimbing berbasis lesson study dirancang untuk memaksimalkan kemampuan siswa dalam hal menyelidiki sehingga mampu menemukan sendiri materi pembelajaran dengan percaya diri. Kurangnya kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan permasalahan yang terjadi di kelas yang berhubungan dengan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Pengambilan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press.
Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Metode dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Andriani, E., Sumarmi., & Astina, I, K. (2016). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11), 2106—2112.
Ardani., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Service-Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Geografi SMA. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11), 2145—2151.
Bandarusin., Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (12), 2292—2299.
Hadinata, L, W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division dan Diskusi terhadap Motivasi Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (7), 979—985.
Hanim, F., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (4), 752—757.
Hartana, A., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (4), 765—779.
Helek, E, F., Oetpah, V., & Seran, Y. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (10), 2047—2049.
Santoso, E, A, H., Fatchan, A & Ruja, I, N. (2017). Makna Perilaku Motivasi Belajar Geografi yang Rendah dengan Pendekatan Fenomenologi. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (1), 85—96.
Suciati & Irawan, P. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suharwati, S, I., Sumarmi & Ruja I, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (2), 74—79.
Sumarmi. (2015). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Ulfah, K, R., Utaya, S & Santoso, A. (2016). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (8), 1607—1611.
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zainuddin, M., Budijanto & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (12), 2359—2364.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Anandika Okta Riandanu, Sugeng Utaya, Singgih Susilo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |