Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Geografi
Abstract
Abstract: The purpose of research is to know the effect of learning model problem based learning to students' geography thinking skill. The research method used is quasi experiment design with the form of none quivalent control groups design. Subjects in this study were students of class X IPS SMA Negeri 1 Batu. Data collection techniques use geographic thinking skills tests on basic mapping knowledge materials. The analysis technique used is Independent Samples t-Test with the help of SPSS 16.0 for Windows program. The results showed that there is a significant effect of learning problem based learning model on geography thinking skill with sig (2-tailed) 0.000 <0,05 value.
Abstrak: Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir geografi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk none quivalent control groups design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir geografi pada materi pengetahuan dasar pemetaan. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Samples t-Test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir geografi dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. T. (2015). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 281—288.
Logayah, D. S. (2011). Hubungan Antara Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Minat Peserta Didik dengan Keterampilan Geografis (Geographic Skills) di SMA Kota Bandung. Jurnal Geografi Gea, 11(2), 150—162. http://dx.doi.org/10.17509/gea.v11i2.1627
Mustofa, Z., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 885—889.
Ningsih, R., Asbar, A. I., & Masruhim, M. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja Dalam Menyusun Laporan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2172—2177
Parjito. (2015). Visi Pendidikan Geografi di Abad XXI. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pemantapan Profesionalisme Pendidikan Geografi di Era MEA dan Kongres Profesi Pendidik Geografi Indonesia (P3GI) di Universitas Negeri Malang, Malang, 6 Juni.
Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Socio-Scientific Problem-Based Learning terhadap
Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori,
Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 732—738.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ariyandi Ajuwan, Sugeng Utaya, I Komang Astina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |