Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
Abstract: Teaching materials are an important part of the learning process. Teaching materials developed in this research and development are teaching materials in the form of textbooks. The textbooks developed serve as reference material or supplement the main textbooks used in the learning process. The research was aimed to produce exposition text teaching materials based on local wisdom that meet the requirements of (1) valid, (2) systematic, (3) communicative, and (4) interesting. In research and development, expert validation is done to find out the validity of teaching materials. Based on data analysis from the validation of experts, practitioners and students it can be concluded that this teaching material is valid and ready to be implemented.
Abstrak: Bahan ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berupa buku teks. Buku teks yang dikembangkan berfungsi sebagai bahan acuan atau suplemen buku teks utama yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar teks eksposisi berbasis kearifan lokal yang memenuhi syarat (1) valid, (2) sistematis, (3) komunikatif, dan (4) menarik. Pada penelitian dan pengembangan, validasi ahli dilakukan untuk mengetahui kevalidan bahan ajar. Berdasarkan analisis data dari validasi ahli, praktisi, dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini valid dan siap diimplementasikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, Y. N. W., Suwignyo, H., & Maryaeni. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Memerankan Drama Berbasis Legenda untuk Kelas VII di Daerah Jawa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1168—1174.
Borg & Gall. (1983). Educational Research an Introduction. America.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah.
Kemendikbud. (2014). Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Maryanto. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurhadi. (2010). Bagaimana Menulis: Handbook of Writing. Bandung: Kaifa.
Oktarisa, N., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2014). Pembelajaran Memahami Struktur dan Kaidah Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA. Jurmal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(1), 1–13.
Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer, Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sufia, R., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Adat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 726–731.
Sumitarsih. (2013). Kearifan Lokal. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Daouti Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta.
Suparno. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tinja, Y., & Towaf, S. M., & Hariyono. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya
Melestarikan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1257–1261.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Syaiful Arif Wahyudi, Nurhadi Nurhadi, Yuni Pratiwi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |