Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdila, F. A., Nurchasanah., & Nurhadi. (2012). Pengaruh Strategi SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).
Anderson, L.W & Krathwohl, D. R. (Ed). (2001). A Taxonomy for Learning Teaching, Assesing (Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives). New York: Addision-Wesley Longman, Inc.
Arends, R. (2013). Belajar untuk Mengajar: Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humaika.
Chotimah, C. (2017). Pengembangan Modul Biologi dengan Strategi Pembelajaran Think Pair Share sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, Sikap Sosial, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMK Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Dewi, C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(2), 155—167. http://doi.org/10.25273/pe.v5i02.280
Ekoningtyas, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Think-Pair-Share dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan
terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA dan Retensinya serta Sikap Sosial
Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 332—342.
Hamalik, O. (2012). Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: CV Sinar Baru.
Husna., Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Peluang, 1(2), 81—92.
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Cooperatif Learning. California: Kagan Publishing.
Lestari, S. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pemasaran. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarajana Universitas Negeri Malang, Malang.
Madden, K. (2011). The Use of Inquiry-Based Instruction to Increase Motivation and Academic Success in A High School Biology Classroom.
Marina, C. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dipadu dengan Model Picture and Picture yang dikembangkan melalui Lesson Study. JINOP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(1), 256—269. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.328
Nari, N. (2011). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think–Pair–Share berempat dan Kemunculan Komponen Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Ta’dib, 14(1), 26—35.
Paramitha, I. D. A. A., Sulastri, M., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2), 80—88. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012
Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amiruddin, A. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(7), 1432—1436.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarjana, I. K. D., Margunayasa, I. G., & Sumantri, M. (2016). Pengaruh Model Pogil, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(1), 21—29 http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i1.9006
Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjatmiko, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Berbantuan Multimedia untuk Hasil Belajar Siswa Kelas X APH 2 SMKN 1 Kota Batu pada Materi Matriks. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Syakdiah, H., Afri, L. E., & Nurrahmawati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pasir Pengaraian. E-Journal Mahasiswa Prodi Matematika, 2(2), 1—4.
Tembang, Y. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812—817.
Tiantong, M., & Siksen, S. (2013). The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science, 3(7), 204—211.
Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Inquiry Terbimbing Dipadu dengan Peta Konsep terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Keterampilan Proses ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1629—1638.
Wicaksono, A. R., Widoretno, S., & Nurmiyati. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Brbasis research pada Pembelajaran Think Pair Share dan Grup Investigation terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Metakognisi Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Byolali Tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Bioedukasi, 8(1), 60—66.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Miftachus Sururoh, Punaji Setyosari, Subanji Subanji
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |