Bahan Ajar IPS Berbasis Gambar sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar

Ayu Devia Miftahul Hasanah, M. Zainuddin, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Abstract: This research was aimed to produce textbook IPS based on images. IPS textbook can be used as a one learning resources in the learning process. Textbook product is developed based on the steps of Dick and Carey model with ten stages development. Based  on validity and trials result, showed (a) students book validity result reaches 80.62% with valid criteria; (b) students book attractiveness result reach 88% with very interesting criteria; (c) the students and teachers  book practicality reach 89,5% with very practise; (d) the effectivity outcome that student learning really significant that doing by comparing pretest and posttest result. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar IPS berbasis gambar. Buku ajar IPS dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam pembelajaran. Produk buku ajar yang dikembangkan berdasarkan dengan langkah-langkah model pengembangan Dick and Carey dengan sepuluh tahapan. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, diperoleh data yakni (a) hasil validasi terhadap buku siswa mencapai persentase 80,62% dengan kriteria valid; (b) hasil uji kemenarikan terhadap buku siswa mencapai persentase 88% dengan kriteria sangat menarik; (c) hasil uji kepraktisan siswa dan guru mencapai persentase sebesar 89,5% dengan kriteria sangat praktis; (d) hasil uji efektivitas bahwa hasil belajar signifikan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest.

Keywords


textbook; picture; learing resources; buku ajar; gambar; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azwar. (2002). Analisis Stimulus dan Fungsi Gambar dalam Buku Teks IPS dan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(4), 281—292.

Dick, W.C.L & Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instructional. 7th Edition. New Jersey: Pearson.

Evendy, R, Sumarmi., & Astina, I. K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan

dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 271—277.

Hidayat, R. (2016). Pengembangan Buku Ajar IPS Berbasis Kontekstual Materi Mengenal Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Khoirotunnisa, R. P., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bermuatan Nilai

Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,

(2), 238—244.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 5 Padang. Pillar of Physics Education, 6(3), 105—112.

Maryani, S., Martha, N., & Artawan, G. (2013). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4 Soromadi Kabupaten Bima NTB. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(2), 1—15.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sofiatin, S., Azmi, N., & Raviati, E. (2016). Penerapan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah (Studi Eksperimen Kelas X MIPA di SMAN 1 Plumbon). Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 15—24.

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744—1748.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayu Devia Miftahul Hasanah, M. Zainuddin, Sunaryanto Sunaryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License