Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi

Raditya Ardani Hindriyanto, Sugeng Utaya, Dwiyono Hari Utomo

Abstract


Abstract: This study aims to determine the differences in geography problem solving abilities of students who learn using the PjBL model and students who learn to use conventional models. This research was a quasi-experimental (quasi experimental). The design of this study used a non-equivalent control group design. Data analysis in this study used one way anova with the help of SPSS 24.0. The results of this study indicate that the F-count value is 35,746 and P-value (0,000 <0.05), which means that there are significant differences in geographic problem solving ability between the control class and the experimental class. Scores of problem solving students who use the project based learning model are better than the problem solving scores of students who use conventional models. This is because the syntax in the PjBl model supports problem solving activities in Geography learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah geografi siswa yang belajar menggunakan model PjBL dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experimental). Rancangan penelitian ini menggunakan non-equivalent control group desain. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan one way anova dengan bantuan SPSS 24.0. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai F-hitung 35.746 dan P-value (0.000 < 0.05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah geografi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor pemecahan masalah siswa yang menggunakan model project based learning lebih baik dari skor pemecahan masalah siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini disebabkan karena sintak dalam model PjBL mendukung aktivitas pemecahan masalah pada pembelajaran Geografi.

Keywords


project based learning; problem solving skill; geography; project based learning; kemampuan pemecahan masalah; geografi

Full Text:

PDF

References


Crebert, G., Patrick, C., Cragnolini, V., Smith, C., Worsfold, K., & Webb, F. (2011). Problem Solving Skills Toolkit 2nd Edition. Quessland: Griffith University Press.

Fajarwati, S. K., Susilo, H., & Indriwati, S. E. (2017). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 315-321.

Grant, M. (2005). Project-Based Learning In a Middle School: Tracing Abilities Through The Artifacts of Learning. Journal of Research on Technology in Education, 38(1), 34.

Hayati, W., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468—474.

Herzon, H., Utomo, D., & Budijanto. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 42—46.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Lestari, T. (2016). Model Prolem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Geografi Gea, 15(1), 17–23. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4181

Maghfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1588—1593.

Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 878—881.

Maliki, I. M., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Suhu dan Kalor melalui Pembelajaran Cognitive Apprenticeship. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 304—308.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Nurhadi, A., Utaya, S., & Handoyo, B. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Berpikir terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Mahasiswa Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 974—979.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D.H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308—1314.

Oktavianto, A., Sumarmi, & Handoyo, B. (2017). Pengaruh Project Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Spasial. Universitas Negeri Malang, Malang.

Sularmi, Utomo, D. H., & Ruja, I. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475—479.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.

Utami, W., Sumarmi., Utaya, S., & Ruja, I. N. (2016). React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Transferring) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practice, 7(17), 2222–1735.

Woa, K., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning1400 terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 406—411. D

Zahroh, S., Mufti, N., & Parno. (2018). Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Problem Solving disertai Conceptual Problem Solving (CPS) pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 968—973.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Raditya Ardani Hindriyanto, Sugeng Utaya, Dwiyono Hari Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License