Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA
Abstract
Abstract: Spatial thingking ability is a person’s ability to see space as an object of phenomena. Spatial thingking has important role in geography learning to understand the geographic phenomena that occur, physical or social phenomena. The study aims to determine the effect of react on students’ spatial thingking abilities. The research subject was class student X SMAN 1 Tulungagung. Spasial thingking measurements were carried out essay test and analyzed with t-test. The result show that the gain score spatial thingking in experiment class 21,94 and control 18,53. The result hypotesis prove that (REACT) has positive influence on student’s spatial ability.
Abstrak: Kemampuan berpikir spasial merupakan kemampuan seseorang dalam melihat sebuah ruang sebagai objek fenomena. Berpikir spasial mempunyai peran penting dalam pembelajaran Geografi untuk memahami fenomena-fenomena Geografi yang terjadi, baik itu fenomena fisik maupun fenomena sosial. Tujuan penelitian ini mengkaji pengaruh model REACT terhadap berpikir spasial siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tulungagung. Berpikir spasial diukur menggunakan tes esai dan dianalisis memakai uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai gain score berpikir spasial pada kelas eksperimen 21,94 dan kelas kontrol 18,53. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa (REACT) memiliki pengaruh terhadap berpikir spasial siswa SMA.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Butt, G. (2011). Geography, Education, and Future. New York: Continum International Publishing Group.
Durotulaila, A. H., Masykuri, M., & Mulyani, B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dengan Metode Eksperimen dan Penyelesaian Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa (Studi Pembelajaran Larutan Penyangga di SMA Negeri 8 Surakarta Kelas XI Tahun 2014). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(4), 66–74.
Farid, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi REACT terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI. School Science and Mathematics, 3(1). https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00403.x
Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring (REACT). Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.753
Ismaya, S. N., Subiki., & Harijanto, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2). 121-127.
Maharani, W., & Maryani, E. (2015). Peningkatan Spatial Literacy Peserta Didik melalui Pemanfaatan Media Peta. Jurnal Geografi GEA, 15(1), 46–54. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4184
Oktavianto, D. A., Sumarmi, & Handoyo, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 21(1), 1–15.
Setiawan, I. (2015). Peran Sistem Informasi Geografis Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thingking). Jurnal Geografi GEA, 15(1), 63–89. https://doi.org/10.4324/9780203883389-7
Susetyo, B. B., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Outdoor Adventure Education terhadap Kecerdasan Spasial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1669–1675.
Utami, W. S. (2016). React ( Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Transferring) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practise, 7(17), 100–104.
Wulandari, N. C., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2015). Pembelajaran Model REACT. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ifa Hasna Hidayanti, Sumarmi Sumarmi, Dwiyono Hari Utomo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |