Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Fisiologi Hewan dan Manusia pada Jurusan Biologi

Arwinda Probowati, Abdul Gofur, Betty Lukiati

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the teaching material requirements animals and human physiology courses for undergraduate students of Biology Education, State University of Malang. This type of research is qualitative descriptive research. Data collected by questionnaires and structured interviews with lectures. The analysis of the results is shownn that 80% of students get difficulty in learning the animals and human physiology courses. The main learning resources used by students are worksheets, e-books, handouts, and textbooks. Most students never learned a teaching material that contains research results done by lecturers, and a large part of students agree to be added teaching materials that contain research results to improve studens’s knowledge. Based on the results, it will be developed modul that contains the results to support the physiology of animal and human physiologist.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar yang dibutuhkan pada matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia oleh mahasiswa S1 jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui penyebaran angket dan melalui wawancara terstruktur terhadap dosen pengampu. Berdasarkan analisis hasil angket diketahui bahwa 80% mahasiswa masih mengalami kesulitan materi pada matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia. Sumber belajar utama yang digunakan oleh mahasiswa adalah berupa LKM, e-book, handout, dan buku teks. Sebagian besar mahasiswa menyatakan belum pernah menggunakan bahan ajar yang memuat hasil penelitian yang dilakukan dosen, dan menyatakan setuju untuk ditambahkanya bahan ajar yang memuat hasil penelitian untuk menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman mahasiswa. Berdasarkan temuan tersebut, untuk menunjang perkuliahan fisiologi hewan dan manusia maka akan dikembangkan bahan ajar berupa modul  cetak yang memuat hasil penelitian.

Keywords


teaching materials; animal and human physiology; biology; bahan ajar; fisiologi hewan dan manusia; biologi

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2010). Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi Dalam Pembelajaran. 12–18.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Heri, E. A. (2014). Pengembangan Modul Latihan Keterampilan Proses Sains untuk SMA/MA Kelas X pada Materi Kinematika Gerak. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Hodosyová, M., Útla, J., Vnuková, P., & Lapitková, V. (2015). The Development of Science Process Skills in Physics Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 982–989. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.184

Llewellyn, D. J. (2013). Teaching High School Science through Inquiry and Argumentation. USA: Corwin.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novana, T., Sajidan, & Maridi. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta ) dan Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Jurnal Inkuiri, 3(2), 108–122.

Oktaviana, I., Sumitro, S., & Lestari, U. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Karakterisasi Protein Membran Sperma pada Matakuliah Bioteknologi. Jurnal Florea, 2(2), 33–42.

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15.

Peffer, M., & All, E. (2015). Science Classroom Inquiry (SCI) Simulations: A Novel Method to Scaffold Science Learning. Plos One Journal, 10(3), 1–11.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Primiani, C. (2014). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal sebagai Estrogenik pada Matakuliah Fisiologi Hewan. Prosiding Mathematics and Sciences Forum.

Septianu, E., Sudarmin, & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tema Perubahan Zat Berbasis Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Generik dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Widyaningrum, R., Sarwanto, & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict , Observe , Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran untuk Meningkatkan. Jurnal Bioedukasi, 6(1), 100–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arwinda Probowati, Abdul Gofur, Betty Lukiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License