Buku Panduan Pelatihan Tanggung Jawab Akademik Melalui Media Topeng Malang

Nofita Puspitasari, Nur Hidayah, Arbin Janu Setiyowati

Abstract


Abstract: This study aims to (1) produce a product guide for academic responsibility training with Malang mask media; (2) uncovering the quality of the feasibility of a guidebook for academic responsibility training with the Malang mask media; and (3) know the effectiveness of the academic responsibility training guidebook with Malang mask media. This research development uses the development research method of Borg & Gall. In the feasibility test stage, data were collected by distributing a feasibility test questionnaire to learning media experts, BK experts, Malang mask culture experts and testing by prospective BK teacher users. The results showed that the use of a guide book on academic responsibility training with Malang mask media was effective in increasing academic responsibility.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk buku panduan pelatihan tanggung jawab akademik dengan media topeng Malang; (2) mengungkap kualitas kelayakan buku panduan pelatihan tanggung jawab akademik dengan media topeng Malang; (3) mengetahui keefektifan buku panduan pelatihan tanggung jawab akademik dengan media topeng Malang. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan dari Borg & Gall. Pada tahap uji kelayakan, data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran angket uji kelayakan kepada ahli media pembelajaran, ahli BK, ahli budaya topeng Malang dan pengujian oleh calon pengguna guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku panduan pelatihan tanggung jawab akademik dengan media topeng Malang efektif untuk meningkatkan tanggung jawab akademik.

Keywords


academic responsibility; media mask; tanggung jawab akademik; media topeng

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Adeyemo, S. A. (2012). The Relationship Between Effective Classroom Management and Students Academic Achievement.

Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(3 SE-Articles). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i3.3783

Amalia, M., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2017). Meaning of Life Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Latar Belakang Budaya Samin. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 97–106.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pusat Belajar Offset.

Borg, W. R., & Gall, M. (2003). Education Research: An Introduction (7th Edition). USA: Pearson Education, Inc.

Breunig, M. (2005). Turning Experiential Education and Critical Pedagogy Theory Into Praxis. Journal of Experiential Education, 28(2), 106–122.

Cannata, M. A., Smith, T. M., & Taylor Haynes, K. (2017). Integrating Academic Press and Support by Increasing Student Ownership and Responsibility. AERA Open, 3(3), 2332858417713181.

Chadijah, & Agustin. (2012). Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Kelas VIII SMPN 26 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Surakarta: Universitas Negeri Surakarta., 6(1), 49–53.

Dimyati., & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dockery, D. J. (2012). School Dropout Indicators, Trends, and Interventions for School Counselors. Journal of School Counseling, 10(12), 12.

Duijf, H. (2018). Responsibility Voids and Cooperation. Philosophy of the Social Sciences, 48(4), 434–460.

Dyanasta, R. (2015). Keefektifan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Tanggungjawab Akademik pada Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 4(2), 132–146.

Fitria, N. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Falsafah Hidup Masyarakat Lampung untuk Mengurangi Prasangka Sosial. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 71-78.

Haryani, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal (RPL BK) melalui Supervisi Akademik bagi Guru Bimbingan Konseling di Kalimantan Selatan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 50–55.

Hebert, A., & Hauf, P. (2015). Student Learning Through Service Learning: Effects on Academic Development, Civic Responsibility, Interpersonal Skills, and Practical Skills. Active Learning in Higher Education, 16(1), 37–49.

Hidajat, R. (2015). Makna Simbolik Wayang Topeng Malang. Malang: Surya Pena Gemilang.

Hidayah, N. (2016). Keefektifan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa MTs Negeri Malang I. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 165–172.

Hidayah, N., Ramli, M., & Hanafi, H. (2018). East Java Modeling Techniques to Improve Student Meaning of Life. 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018).

Hidayatullah, R. A. (2018). TA: Perancangan Buku Ilustrasi Topeng Malangan dengan Teknik Digital Painting sebagai Media Pembelajaran Anak Usia 8-12 Tahun. Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.

Hotifah, Y., & Setyowati, A. J. (2018). Konseling Sebaya dalam Persepektif Pesantren. KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Istati, M. (2014). Perbandingan Metode Dialog Sacrotes dan Focus Discusssion untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Juita, T. (2017). Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa IPA Kurikulum 2013 pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII untuk Digunakan Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Relevansi Isi, Ketepatan dan Kompleksitas. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 2(1).

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202-210.

Krisphianti, Y. D., Hidayah, N., & Irtadji, M. (2016). Efektivitas Teknik Storytelling menggunakan Media Wayang Topeng Malang untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Sekolah Dasar. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 17–23.

Kusumadewi, K. R., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2014). Efektivitas Konseling Gestalt dengan Teknik “Saya Bertanggung Jawab Atas….” untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Lewis, S. V, Robinson III, E. H., & Hays, B. G. (2015). Implementing An Authentic Character Education Curriculum. Childhood Education, 87(4), 227–231.

Melany., & Nirwana, A. (2015). Kajian Estetik Topeng Malangan (Studi Kasus di Sanggar Asmorobangun, Desa Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kab. Malang). Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 13(2), 1-19. DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7881

Ningsih, Y. M. C. R., Hidayah, N., & Lasan, B. B. (2017). Studi Meaning of Life Siswa Sekolah Menengah Pertama Etnis Tengger. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 76–85.

Novita, L., & Hidayah, N. (2016). Pengembangan Panduan Pelatihan Efikasi Diri Dalam Hubungan Pertemanan melalui Strategi Experiential Learning bagi Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 79–89.

Pasani, C. F., Sumartono., & Sridevi, H. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2579

Pranandari, I. W., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 480–485.

Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Matakuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27.

Putra, G. I., & Sutarno, W. D. (2013). Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 1(2), 13–16.

Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 1-10.

Sadiman, A. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sartono, Y. (2014). Peningkatkan Tanggungjawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 15(4).

Setiyowati, A. J., Indreswari, H., & Simon, I. M. (2018). Analyzing Classroom Diversity and its Contribution to Multicultural Education in Indonesia. International Conference on Education and Technology (ICET 2018).

Setyowati, A. J., & Simon, I. M. (2018). Pengembangan Komik Moral sebagai Media Layanan Informasi bagi Siswa SMP. KARYA DOSEN Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 1-5.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utami, N. W., & Setiyowati, A. J. (2016). Model Permainan Edukasi Peduli Sosial Siswa Sekolah Dasar. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2)

Vanments, M. (1983). The Effective Use of Role-Play: A Handbook for Teachers and Trainers. Kogan Page.

Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143–152.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nofita Puspitasari, Nur Hidayah, Arbin Janu Setiyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License