Pengembangan Media Kobaki pada Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Dwi Virgo Mulia Asmara, Dedi Kuswandi, Abdur Rahman As’ari

Abstract


Abstract: The type of research used is R&D adaptation from Dick and Carey. The aim is to determine the level of feasibility, attractiveness, and effectiveness of product development. The product is the kobaki media for second grade elementary school learning for multiplication and distribution materials. The subjects involved in the research were students from grades 2A and 2B of the Muhammadiyah 4 Elementary School in Batu City. The procedures and steps used for the study used the procedures and steps of the Puslitjaknov Team which consisted of five activity steps. From the data obtained from research for the kobaki media, the criteria are quite decent. very interesting, and very effective to use. Abstrak: Jenis penelitian yang digunakan yaitu R & D adaptasi dari Dick and Carey. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kelayakan, kemenarikan, dan keefektifan produk pengembangan. Produk tersebut adalah media kobaki untuk pembelajaran kelas dua sekolah dasar untuk materi perkalian dan pembagian. Untuk subjek yang terlibat dalam penelitian tersebut merupakan siswa dari kelas 2A dan 2B Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Kota Batu. Prosedur dan langkah yang digunakan untuk penelitian tersebut menggunakan prosedur dan langkah dari Tim Puslitjaknov yang terdiri dari lima langkah kegiatan. Dari data yang diperoleh dari penelitian untuk media kobaki mendapatkan kriteria cukup layak. sangat menarik, dan sangat efektif untuk digunakan.

Keywords


mathematics learning; kobaki medium; multiplication and division; pembelajaran matematika; media kobaki; perkalian dan pembagian

Full Text:

PDF

References


Aini, K. N., Purwanto, & Sa’dijah, C. (2016). Proses Koneksi Matematika Siswa Berkemampuan Tinggi dan Rendah dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 377-388.

Anwar, M. F. N., Ruminiati., & Suharjo. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1291-1297.

Arifudi, A., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Objek 3 Dimensi Digital Sel Hewan dan Tumbuhan Memanfaatkan Piramida Hologram untuk MTS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 9-15.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Model of Character Education Through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369-386.

Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 910-918.

Dworetzky, J. P. (1990). Introduction to Child Development. Minnesota: Western Publishing House.

Halim, A. F. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Hidayati, D., As’ari, A. R., & Candra, T. D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 634-649.

Melinda, V, A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton-Kencong. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158-164.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19-35.

Othman, N., & Othman, S. R. (2004). Gaya Pembelajaran Kolb dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi, 40(1), 45-58.

Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 771-777.

Ratnawati, Rokhima. Tjendrowaseno, T. I. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tasikmadu. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA Maret.

Safrida, L. N., As’ari, A. R., & Sisworo, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Peluang Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 583-591.

Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Sudjana, N & Rivai, A. 2015. Media Pengajaran: Buku yang Memudahkan Guru dalam Memilih, Merancang, dan Menggunakan Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susilana, R., & Riyana, C. 2008. Hakekat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748.

Tjiptiany, E., As’ari, A., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1-9.

Wahyuni, P. D., Djatmika, E. T., & As’sari, A. R. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 679-684.

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154-160.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2016). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024-1029.

Yuliandari, S & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Virgo Mulia Asmara, Dedi Kuswandi, Abdur Rahman As’ari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License