Manajemen Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada Masa COVID-19

Sulastri Sulastri, Murniati AR, Nasir Usman

Abstract


Abstract: This study aims to describe the learning management of Ibn Mas'ud integrated Islamic elementary school teachers, Pidie Regency, during the Covid-19 pandemic. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach and data obtained from observations, interviews and relevant literature studies. This study found that learning planning by the Ibn Mas'ud Integrated Islamic Elementary School teacher conducted in a participatory manner by involving all education stakeholders. Then, the teachers' learning implementation and evaluation structured, and teachers also optimize students' parents' roles. Thus, the learning management implementation has a positive impact on teaching and learning activities even in the covid-19 pandemic.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Mas’ud Kabupaten Pidie pada masa darurat Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi literatur yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran  oleh guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Mas’ud dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan semua stakeholder pendidikan yang ada di sekolah. Implementasi dan evaluasi pembelajaran oleh guru juga dilaksanakan secara partisipatif  dan guru mampu mengoptimalkan peran orangtua siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian manajemen pembelajaran berdampak positif pada kegiatan belajar mengajar meskipun dalam kondisi pandemi covid-19.


Keywords


learning management; primary school teachers; covid-19; manajemen pembelajaran; guru sekolah dasar; covid-19

Full Text:

PDF

References


Budiwibowo, S., & Sudarmiani. (2018). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Chryshna, M. (2020). Kebijakan Pendidikan Formal Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved 20 August 2020, from https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-pendidikan-formal-anak-pada-masa-pandemi-covid-19

CNN Indonesia. (2020). KemenPPPA: 58 Persen Anak Tidak Suka Belajar dari Rumah. Retrieved 21 June 2021, from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200411112403-284-492560/kemenpppa-58-persen-anak-tidak-suka-belajar-dari-rumah

Danarwati, Y. S. (2013). Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13), 1–18.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Dwi, C. B., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37.

Efendi Pohan, A. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Fahmi, C. N., AR, M., Nurliza, E., & Usman, N. (2019). The Implementation of Academic Supervision in Improving Teacher Competency at Primary School. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 7(1), 181. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v7i1.202

Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1359–1364.

Feri, L., & Jahrir, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Panrita: Jurnal Bahasa dan Sastra Daerah serta Pembelajarannya, 1(1), 38–42.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Edi). London: SAGE Publications.

Mujiono., Degeng, I. N. S., & Praherdhiono, H. (2018). (Alat) Pengembangan Pembelajaran Sistem Blended Berbasis Universal Design for Learning untuk Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 758–763.

Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education Limited. United States of America: Pearson.

Nora Feri, C. Z. H. N. U. (2017). Manajemen Pembelajaran Guru pada SD Negeri 1 Peukan Pidie Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(4), 224–228.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Makasar: Celebes Media Perkasa.

Prawiradilaga, D. S., Ariani, D., & Handoko, H. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Ramadhani, R., Wirapraja, A., Sulaiman, O. K., Safitri, M., Jamaluddin, Gandasari, D., … Adhiyat, M. (2020). Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori & Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Unicef. (2020). COVID-19: Anak-anak di Indonesia Berisiko Mengalami Konsekuensi Jangka Panjang. Retrieved 20 August 2020, from https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-anak-anak-di-indonesia-berisiko-mengalami-konsekuensi-jangka-panjang

Usman, N., Murniati, A. R., Syahril, Irani, U., & Tabrani, Z. A. (2019). The Implementation of Learning Management at the Institution of Modern Dayah in Aceh Besar District. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012157

Wagiran. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasinya. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sulastri Sulastri, Murniati AR, Nasir Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License