Implementasi Modul Berbasis Inkuri Terbimbing pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Rita Eryani, Sutama Sutama, Anatri Desstya

Abstract


Abstract: This research was motivated by the implementation of daring learning which was less than optimal for fifth grade students of Pungsari 1 State Elementary School in science learning. The research objective is to improve the learning process and outcomes. The method used is the implementation of guided inquiry-based modules. The type of research is qualitative research. Analysis of data in the form of numbers using quantitative data using comparative descriptive, comparing learning outcomes before and after the implementation of guided inquiry-based modules. Observational data through a rubric distributed to students. The results showed an increase in student motivation in learning by 80%. The percentage of assignment submission to 100% and learning outcomes reached 87%.

Abstrak: Berawal dari latar belakang pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pungsari 1 di pembelajaran IPA. Tujuan penelitian difokuskan pada meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Metode yang digunakan dengan implementasi modul berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Analisis data yang berupa angka menggunakan data kuantitatif berupa diskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar sebelum dan setelah implementasi modul berbasis inkuiri terbimbing. Data pengamatan melalui rubrik yang dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran sebesar 80%. Persentase pengumpulan tugas menjadi 100% dan hasil belajar mencapai 87%.

Keywords


implementation; module IPA; guided inquiry; implementasi; modul IPA; inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Handayani, T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(2), 195–203.

Indriani, D. E., Kirana, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Model Cooperative Scripts Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Sekolah Dasar. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 495. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p495-502

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Krismapera. (2018). Karakteristik Peserta Didik Kelas V SD. Mahasiswa FKIP Prodi PGSD, Universitas Jambi.

Kurniawan, A. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 2(2), 175–183.

Mahariyanti, E. (2017). Pengaruh Inquiry Terbimbing terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukamulia pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Cocosbio, 2(2), 2015–2018.

Nugroho, A. (2021). Kontribusi Orangtua dalam Pendampingan Belajar Siswa selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066.Nur Harizah. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 524–532.

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Prasetyowati, R. (2018). Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan. Magister Pendidikan Sains UNS, 1–12.

Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMP N 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709

Rasyidiana, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 524–532.

Siddik, B., & Kholisho, Y. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif. Edumeric: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 13. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1389

Suhirno, Prayekti, H., & Nugraha, Y. A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Berpikir Kritis di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(1), 48–55.

Uswatun, D. A. (2015). Perangkat Pembelajaran IPA berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Critical Thingking Skills dan Scientific Attitude Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 26–40.

Wulandari, I. M. (2020). Peran Guru Terhadap Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah untuk Melakukan Pencegahan Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 71–76.

Yuliawati, F. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Intergrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas V Semester 2 Materi Poko Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i9.15007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rita Eryani, Sutama Sutama, Anatri Desstya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License