Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to obtain an overview of the ability of high school mathematics teachers in designing computer-based learning media. This study used a quantitative descriptive method. The subjects were 23 high school math teachers in a district, South Sumatera province. In this study, data collection techniques used documentation of training. The results are in the form of soft files. The results of the observations were analyzed as a percentage. The results showed that the average percentage of high school mathematics teachers' ability in designing computer-based learning media was 72.85% which was in a sufficient category.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kemampuan guru matematika SMA dalam merancang media pembelajaran berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 23 guru matematika SMA di salah satu kabupaten, provinsi Sumatera Selatan. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi hasil latihan. Hasil latihan tersebut berupa soft file. Hasil pengamatan dianalisis secara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kemampuan guru matematika SMA dalam merancang media pembelajaran berbasis komputer adalah 72,85% yang termasuk dalam kategori cukup.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R. (2018). Making in Service Teacher Training Effective Through Workshops. In Proceeding of the 3rd International Conference on Education 2018: Teachers in the Digital Age. 255–262.
Hasan, B. & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan. ABDIHAZ: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 53—59. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.981
Karimah, A., Rusdi, R. & Fachruddin, M., (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9—13. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.9-13
Khuzaini, N. & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88—99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681
Marta, R., Delianti, V. I. & Hendriyani, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 40—43. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.232
Nuryadi & Bahtiar, Z. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif menggunakan Adobe Flash CS5 Pokok Bahasan Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA. Journal of Mathematics Education: AlphaMath, 3(1), 12—22.
Omar, C. M. Z. C. (2014). The Need for in-Service Training for Teachers and Its Effectiveness in School. International Journal for Innovation Education and Research, 2(11), 1—9. https://doi.org/10.31686/ijier.vol2.iss11.261
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212. https://doi.org/10.52239/jar.v5i4.885
Salamah, I., Kusumanto, R., & Lindawati. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru SDN 2 Palembang melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1),73—84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1958
Somantri, O., Abidin, T., Wijayanto, S., Wibowo, D. S., & Dairoh. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan e-Presentation. Jurnal SOLMA, 8(2), 219–228. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3245
Sriyanti, I., Murniati, Muslim, M., & Yusup, M. (2015). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning bagi Guru SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 12—17.
Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS3 pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science & Technology, 2(2), 165—177.
Yuniarti, D., & Lingga. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMK Negeri 1 Muntok. Efektor, 6(1), 98—106. https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12794
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Win Afgani, Retni Paradesa
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |