Utilization of Assessment Features in Platform Merdeka Mengajar (PMM) in the Assessment of Indonesian Language Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyana, A. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, 1(2), 55–63.
Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pusat Asesmen Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan.
Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 revisi di masa pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 118–126.
Budiarti, N. I. (2022). Merdeka Mengajar platform as a support for the quality of mathematics learning. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(1), 13–25.
Caleon, I., & Subramaniam, R. (2010). Development and application of a three-tier diagnostic test to assess secondary students’ understanding of waves. International Journal of Science Education, 32(7), 313–337.
Cangelosi, A., & Parici, D. (2002). Simulating the evolution of languange. Springer Verlag London Limited.
Creswell, J. W. (2014). Research design qualitative, quantitative and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publisher.
Fiestasari, S. P. A., Fathorrahman, F., & Rachmawati, I. K. (2021). Pengaruh total quality management, kualitas pelayanan, dan harga produk terhadap kepuasan pelanggan Program Guru Merdeka Belajar di platform sekolah MU. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.911
Hilda, N. R., Zahwa, N., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., & Zulkardi, Z. (2022). Studi literatur: Implementasi Merdeka Belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran Matematika selama pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum Merdeka Belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Indrawati, I. G. A. P. T. (2021). Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menurut aliran progresivisme. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 78–87.
Juliantari, N. K. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi dunia nyata. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan …, 4(April), 217–228.
Kusaeri, K. (2012). Menggunakan model DINA dalam pengembangan tes diagnostik untuk mendeteksi salah konsepsi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 281–306.
Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2006). Methods in educational research: From theory to practice. Jossey-Bass. https://doi.org/10.1177/001312457500700301
Magdalena, I., Hanifah, H., Agustin, J. T., & Fitriani, M. A. (2021). Evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia secara daring materi menulis karangan narasi kelas V SDN Karangharja 1. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 164–176.
Mahalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian autentik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dan perguruan tinggi. Fondatia, 3(2), 35–58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora), 5(1), 66-78.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A method sourcebook. Sage Publications.
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan google form dalam meningkatkan efektivitas evaluasi pembelajaran daring siswa pada masa Covid19 di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186
Nurlaili, N., & Siregar, H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan bangsa pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnak Ilmu Pendidikan (JIP), 3(1), 1–8.
Popham, W. J. (2011). Transformative assessment in action. In ASCD.
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2021). Sosialisasi aplikasi Merdeka Mengajar dan pengisian konten pembelajaran pada SMKN 3 Seluma untuk mendukung program SMK-PK Tahun 2021. JPMTT: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(2), 55–60.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Rajeswari, R. (2004). Preparation and testing of remedial teaching materials for educationally backward student in chemistry at the secondary school level. University, School of Pedagogical Sciences Mahatma Gandhi.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka Belajar: Kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
Sumarbini, S., & Hasanah, E. (2021). Penerapan kurikulum darurat pada masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah Semin, Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 9–18. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.1798
Sumardi, S. (2020). Teknik pengukuran dan penilaian hasil belajar.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar Pancasila berbantuan platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167.
Susilowati, D. (2018). Tes dan pengukuran. UPI Sumedang Press.
Suwandi, S. (2011). Model-model asesmen dalam pembelajaran. Yuma Pustaka.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Widiyono, A., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di sekolah dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.
Wurianto, A. B. (2020). Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai manifestasi dan reaktualisasi liberal arts. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Sasindo Unpam, 1(2), 20–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i2.21403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Firdaus Aritonang, Iqbal Syahrul Akbar Al Aziz, Sarwiji Suwandi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |