PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBUKTIAN PADA KONSEP GRUP BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Herry Agus Susanto

Abstract


Abst

 

racks : The purpose of the research: (1) to describe understanding of field-independent students  in problem solving of group concept proof. (2) to describe understanding of field-dependent students in problem solving of group concept proof.  The research subjects are 4 students, consists of 2 field-independent students and 2 field-dependent students. The data collecting method are interview and port folio. The research is carried out for one year. Research analysis applies qualitative approach toward the obtained responds.The understanding of the field-independent students on solving proof problem: (i) showing related concepts although the concepts are not presented on the test text, (ii) problem solving plan uses definition, (iii) explaining steps in detail from the steps accomplished, (iv) checking is done to the obtained result and the steps accomplished. The understanding of the field-dependent student in solving proof problem: (i) showing data on the test text, (ii) accomplishment uses group definition, (iii) problem solving is done in sequence but not in detail, (iv) re-checking is done on the steps accomplished and the result obtained. The detail understanding will be explained in article.

Key words : Understanding, Proof Problem Solving, Cognitive Style
Abstrak: Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan pemahaman mahasiswa field independent dalam pemecahan masalah pembuktian tentang konsep grup, (2) mendeskripsikan pemahaman mahasiswa field dependent dalam pemecahan masalah pembuktian tentang konsep grup.
Subjek penelitian sebanyak 4 mahasiswa, terdiri dari 2 mahasiswa field independent dan 1 mahasiswa field dependent. Metode pengumpulan data melaui wawancara dan lembar tugas. Penelitian dilakukan dalam waktu satu tahun. Analisis penelitian dengan pendekatan kualitatif terhadap respon yang diperoleh. Pemahaman mahasiswa field independent dalam memecahkan masalah pembuktian sebagai berikut: (i) dapat mengungkap konsep yang berkaitan meskipun tidak terdapat pada teks soal, (ii) rencana pemecahan, menggunakan definisi,  (iii)  menguraikan langkah secara rinci dari tahapan-tahapan yang dilakukan. (iv) Pengecekan dilakukan terhadap hasil yang diperoleh maupun langkah-langkah yang dilakukan.  Pemahaman mahasiswa field dependent dalam pemecahan masalah pembuktian pada konsep grup sebagai berikut: (i) mengungkap data pada teks soal (ii) penyelesaian menggunakan definisi grup, (iii) pemecahan dilakukan secara runtut tetapi kurang terperinci. (iv) pengecekan kembali dilakukan pada langkah yang dilakukan dan hasil yang diperoleh. Pemahaman lebih rinci akan diuraikan dalam artikel.

Kata Kunci : Pemahaman, Pemecahan Masalah Pembuktian, Gaya Kognitif


Keywords


Pemahaman; Pemecahan Masalah Pembuktian; Gaya Kognitif

Full Text:

Full Text