Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Penanaman Wawasan Kegeografian

Syaiful Khafid

Abstract


Abstract: This research is done to differentiate planting result of geography insight among students who are learned by using problem based learning and students who are learned conventionally, and among field independent cognitive style students and students who are styled field dependent cognitive by using experimental semi design. This research shows that the students who are learned using problem based learning are getting geography insight better than students who are learned conventionally. Moreover, students with field independent style have geography insight higher than students with field dependent cognitive style. But, this research does not show interactional influence from learning model and cognitive style toward planting result of students’ geography insight.


Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, gaya kognitif, wawasan kegeografian

 

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk membandingkan hasil penanaman wawasan kegeografian antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar secara konvensional, dan antara siswa bergaya kognitif field independent dan siswa yang bergaya kognitif field dependent yang menggunakan desain kuasi eksperimental. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah memperoleh wawasan kegeografian yang lebih baik daripada siswa yang diajar secara konvensional. Selain itu, siswa dengan gaya field independent ternyata memperoleh wawasan kegeografian lebih tinggi daripada siswa dengan gaya kognitif field dependent. Akan tetapi, penelitian ini tidak menunjukkan pengaruh interaksional dari model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil penanaman wawasan kegeografian siswa.


Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, gaya kognitif, wawasan kegeografian


Keywords


pembelajaran berbasis masalah; gaya kognitif; wawasan kegeografian

Full Text:

Full Text