Implementasi Model Pembelajaran Kimia dengan Aktivitas AESOP (MPK-AA) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Woro Sumarni

Abstract


Model Pembelajaran Kimia dengan Aktivitas Aesop (MPK-AA)  adalah model pembelajaran kimia yang meliputi beberapa aktivitas scientific method yaitu keterampilan berpikir berbasis observasi, logika hipotesis-deduktif, kemampuan analisis data, dan inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh MPK-AA pada keterampilan berpikir kritis siswa, dilaksanakan pada tahun pelajaran 2013-2014 di sebuah SMA di Kabupaten Semarang. Sebanyak 60 siswa kelas XI IPA di dua kelas yang berbeda dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian dirancang dengan pre- and post-test control group design. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan skor keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada akhir penelitian, terungkap bahwa siswa yang dididik oleh MPK-AA lebih sukses dan memiliki peningkatan keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi daripada siswa yang dididik dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


aktivitas aesop, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran kimia

Full Text:

Full Text