Pengaruh Interaksi Pendekatan Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Matematika

Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar Matematika dengan mengontrol intelegensi. Penelitian ini dilakukan di SDN 117 dan MIN II Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2 dengan 72 siswa yang diambil melalui teknilk multi stage sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar Matematika siswa, setelah mengontrol intelegensi siswa. Hal ini menunjukkan pengaruhnya tidak bisa dilihat dari pendekatan pembelajaran saja tapi dipengaruhi juga oleh bentuk tes formatif dengan mengontrol intelegensi.


Keywords


PMRI, bentuk tes formatif, intelegensi

Full Text:

Full Text